Ketahui Efek Samping Vaksin Pfizer, AstraZeneca, Sinovac, dan Moderna yang Terjadi Setelah Vaksinasi

- 28 Agustus 2021, 14:20 WIB
ILUSTRASI Vaksin Covid-19. Berikut penjelasan efek samping vaksin Pfizer, Astrazeneca, Sinovac, dan Moderna yang terjadi setelah vaksinasi.
ILUSTRASI Vaksin Covid-19. Berikut penjelasan efek samping vaksin Pfizer, Astrazeneca, Sinovac, dan Moderna yang terjadi setelah vaksinasi. /PIXABAY/spencerbdavis1

BERITA DIY – Berikut penjelasan efek samping vaksin Pfizer, AstraZeneca, Sinovac, dan Moderna yang terjadi setelah vaksinasi.

Saat ini pemerintah Indonesia sedang mengupayakan Vaksinasi Covid-19 untu semua masyarakat Indonesia yang bertujan untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 dan membentuk kelompok Herb Immunity.

Ada beberapa jenis vaksin yang digunakan untuk Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, antara lain vaksin Pfizer, AstraZeneca, Sinovac, dan Moderna, Sinopharm, Covid-19 Bio Farma.

Baca Juga: Apa itu KIPI yang Muncul Setelah Disuntik Vaksin? Apa Bedanya dengan Gejala Covid-19?

Namun beberapa masyarakat mengeluh karena setalah melakukan Vaksinasi Covid-19 menggunkan jenis vaksin yang digunakan mengalami beberapa efek samping atau gejala seperti panas, flu, pusing, dan masih banyak lainnya.Gejala tersebut dikenal dengan KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

Mengapa orang yang sudah melakukan vaksinasi dengan menggunakan jenis vaksin yang ada mengalami KIPI?  

Dikutip dari laman resmi kipi.covid19.go.id, KIPI terjadi biasanya menandakan vaksin sedang bekerja di dalam tubuh kita.

Baca Juga: Apa Itu Vaksin Sputnik-V yang Mendapat Izin Penggunaan Darurat atau EUA dari BPOM? Ini Penjelasannya

Sistem daya tahan tubuh sedang belajar cara melindungi diri dari penyakit. KIPI umumnya bersifat sementara, hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: KIPI Covid-19


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x