Perbedaan Vaksin Pfizer dan Moderna, Mana yang Paling Ampuh?

- 25 Agustus 2021, 18:10 WIB
Berikut perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna.
Berikut perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna. /UNSPLASH/mufid-majnun

BERITA DIY - Berikut perbedaan mendasar antara vaksin Pfizer dan Moderna yang kini masuk dan mulai digunakan di Indonesia.

Baru-baru ini ramai beredar vaksin jenis baru yakni Pfizer dan Modderna yang menganyari pendahulunya yang lebih dulu digunakan di Indonesia yaitu Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm.

Pfizer dan Moderna kini masuk ke dalam jajaran vaksin yang digunakan di Indonesia untuk mendorong terbentuknya herd immunity.

Baca Juga: Daftar Lokasi dan Syarat Vaksinasi Menggunakan Vaksin Pfizer di Jakarta

Meskipun begitu, masih banyak yang mempertanyakan soal efektivitas keduanya pada tubuh dalam melindungi dari dampak yang disebabkan oleh Covid-19.

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia tentu seringkali mencari tau dan memperbandingkan keduanya terkait mana yang lebih unggul dan ampuh dalam menangani Covid-19.

Pfizer

Dilansir dari pfizer.com, vaksin dengan jenis mRNA ini ramai diperbincangkan terlebih menajdi salah satu jenis vaksin yang sah digunakan dan syarat masuk ke negara Arab Saudi baik untuk melakukan ibadah Umrah, Haji maupun hal lain. 

Vaksin ini diproduksi oleh perusahan bioteknologi yang berada di Jerman yang bernama, BioNTech. Vaksin ini memiliki tingkat keefektifitasan sekitar 95 persen efektif melawan Covid-19 setelah dosis kedua diberikan dalam uji klinis.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: cdc.gov Pfizer.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x