Cara Cek Sertifikat Vaksin, Alasan Belum Muncul, dan Solusi Data Salah di Link Online pedulilindungi.id

- 24 Agustus 2021, 16:30 WIB
Ilustrasi halaman utama link online pedulilindungi.id untuk unduh sertifikat vaksin dan cara mengatasi sertifikat vaksin yang tidak muncul.
Ilustrasi halaman utama link online pedulilindungi.id untuk unduh sertifikat vaksin dan cara mengatasi sertifikat vaksin yang tidak muncul. /Tangkap layar: pedulilindungi.id

BERITA DIY - Sertifikat vaksin dapat diunduh atau dicetak di link pedulilindungi.id yang disediakan oleh pemerintah di bawah pengelolaan Kominfo. Masyarakat yang sudah melakukan vaksin bisa mencetak sertifikat sebagai tanda bukti telah vaksin.

Sertifikat vaksin dapat digunakan untuk berbagai kepentingan antara lain sebagai syarat administrasi pendaftaran kependudukan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk melamar pekerjaan atau untuk keperluan perjalanan jarak jauh.

Masyarakat yang memerlukan sertifikat vaksin dapat mengakses link pedulilindungi.id untuk mengundah sertifikatnya. Sertifikat vaksin yang tidak muncul di link pedulilindungi.id membuat sertifikat tidak bisa diunduh.

Baca Juga: Cara Lihat dan Scan QR Code Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi untuk Syarat Bisa Masuk Mal

Sertifikat tidak muncul di link pedulilindungi.id dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena proses input data belum selesai atau karena nomor HP tidak terverifikasi di sistem.

Proses input data yang belum selesai dapat menyebabkan sertifikat tidak muncul ketika diakses di linkpedulilindungi.id. Apabila hal ini terjadi, masyarakat hanya perlu menunggu beberapa hari untuk mendapatkan sertifikat vaksinnya.

Sementara itu, penyebab nomor HP tidak terverifikasi sehingga sertifikat vaksin tidak muncul karena nomor HP yang digunakan untuk membuat akun di pedulilindungi.id tidak sesuai dengan nomor HP yang digunakan dalam pendataan vaksin.

Baca Juga: Cara Membuat SKCK Online untuk Melamar Kerja, Pakai HP Akses Link skck.polri.go.id

Perbedaan data nomor HP yang digunakan di akun dan nomor HP yang didaftarkan saat melakukan vaksin membuat data masyarakat tidak bisa ditemukan. Sertifikat vaksin tidak bisa muncul dan diunduh.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x