Dijamin Syariah, Apa Hukum Saham Dalam Islam? Ini Penjelasan Menurut Ustadz Khalid Basalamah

- 21 Agustus 2021, 14:41 WIB
Begini hukum halal haram saham dalam Islam menurut ustadz Khalid Basmalah
Begini hukum halal haram saham dalam Islam menurut ustadz Khalid Basmalah /Tangkap layar YouTube.com/Khalid Basalamah Official

BERITA DIY - Pandemi Covid-19 memukul segala rusuk perekonomian Indonesia, termasuk bursa saham. Namun, tampak Juni 2021 geliat investasi surat berharga ini mulai meningkat kembali. Namun, apa hukum saham dalam Islam? Ini penjelasan dari Ustadz Khalid Basalamah.

Menurut jurnal berjudul "Investasi Saham di Masa Pandemi Covid-19", pandemi berdampak ke investasi saham hanya pada Maret-April 2020, namun peningkatan transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI) justru pada Juni 2020 hingga Juni 2021, meski tak signifikan.

Melihat hal tersebut, umat muslim tentu saja ingin memcoba untuk berinvestasi saham di masa pandemi Covid-19, namun hukum dari investasi surat berharga ini apakah halal atau haram?

Baca Juga: 5 Fakta Bukalapak 'BUKA' Melantai di Bursa Saham, Sempat Naik Kini Bikin Investor Ritel Merugi, Ada Apa?

Adapun, investasi menurut ustadz Khalid Basalamah adalah tindakan yang halal untuk dilakukan oleh umat Islam. Selagi tata cara dan aturan berjualan atau berinvestasi sesuai ajaran Al Quran dan anjuran Rasulullah SAW dalam hadis.

Islam, sebut ustadz Khalid Basalamah menganjurkan penganutnya untuk investasi jika: Perusahaannya nyata dan terlihat, produknya nyata dan terlihat dan sistem kerjanya nyata dan terlihat. Bukan sebagai simbolik saja.

"Umat Islam investasi boleh saja tapi cek 3 poin utama: lihat produk dari perusahaannya, apakah haram atau halal, perusahaannya jelas ada atau tidak, dan sistem kerjanya atau akad kerja nyata dan jelas atau tidak," ucap ustadz Khalid Basalamah dikutip dari YouTube Hidayah Indonesia pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

Baca Juga: Saham BUKA atau Bukalapak Trending, Berikut Istilah di Perdagangan Saham, Investor Pemula Harus Tau!

Segala yang dijual-belikan, termasuk saham, harus terlihat. Agar, umat muslim terhindar dari manipulasi, kezhaliman, dan riba. Produknya pun juga begitu, jauh dari bahan yang haram.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x