Saham BUKA atau Bukalapak Trending, Berikut Istilah di Perdagangan Saham, Investor Pemula Harus Tau!

- 9 Agustus 2021, 21:00 WIB
ILUSTRASI - Berikut ini beberapa istilah di perdagangan saham yang harus diketahui oleh para investor pemula.
ILUSTRASI - Berikut ini beberapa istilah di perdagangan saham yang harus diketahui oleh para investor pemula. /PEXELS/weekendplayer

BERITA DIY - PT Bukalapak atau dengan kode BUKA trending usai secara resmi listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 6 Agustus 2021. Berikut ini disampaikan pula istilah di perdagangan saham yang wajib diketahui oleh investor pemula.

Kemunculan BUKA di BEI lantas disambut antusias oleh para investor, tak terkecuali bagi investor penula yang baru saja terjun ke dunia saham. Lantas, apa saja istilah-istilah perdagangan saham yang harus diketahui?

PT Bukalapak dilaporkan mencapai initial public offering (IPO) sebesar Rp22 triliun saat penawaran perdana di pasar modal. Angka tersebut memecahkan rekor yang dipegang oleh ADRO tahun 2008 dengan nilai IPO Rp12,25 triliun.

Baca Juga: Saham BUKA Tawarkan IPO di BEI: Profil Perusahaan Bukalapak Beserta Struktur Organisasi dan Laporan Keuangan

Alhasil, pada hari pertama persaingan PT Bukalapak di BEI mengalami auto rejection atas (ARA), di mana melebihi harga jual atas yang telah ditetapkan.

Istilah-istilah seperti BEi, IPO dan ARA tersebut sudah tak asing bagi para pemain saham. Lalu, adakah istilah-istilah lainnya yang perlu diketahui oleh investor pemula? Berikut rinciannya sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

1. Blue chip

Istilah saham blue chip memang tidak resmi, namun sangat familiar oleh para penggiat saham. Adapun saham blue chip ini memiliki makna sederet perusahaan besar yang unggul di bidangnya.

Baca Juga: Jadwal Stock Split BBCA dan Daftar Saham Blue Chip Perusahaan Indonesia Terbaru

Perusahaan blue chip cenderung menawarkan harga saham yang stabil, meskipun lebih tinggi. Adapun kapitals pasar saham blue chip mencapai Rp10 triliun atau lebih.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x