Cara Investasi Saham dan 5 Hal Penting yang Harus Diketahui oleh Investor Pemula

- 22 April 2021, 14:42 WIB
Ilustrasi menanam modal atau investasi saham.
Ilustrasi menanam modal atau investasi saham. /Pixabay/Tumisu

BERITA DIY - Investasi saham atau investasi pasar modal banyak diminati oleh kaula muda atau generasi milenial karena cara main yang mudah dan mampu mendatangkan keuntungan yang banyak.

Meski demikian, tidak sedikit generasi milenial yang tertarik menanam saham namun tidak mengetahui bagaimana cara berinvestasi saham yang benar agar menghindari kerugian.

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan yang berbentuk surat-surat berharga yang berisi hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang: Kelebihan, Kekurangan, dan Keuntungan yang Diperoleh

Sebelum bermain saham, calon investor harus mengetahui terlebih dahulu saham yang akan dibeli dengan mencari tahu dengan detail seperti apa profil perusahaan dan trennya saat ini di pasaran.

Selain itu, calon investor harus mengetahui harga-harga saham yang ada di pasar modal untuk menentukan waktu yang tepat kapan harus membeli saham dan menjual saham agar menghindari kerugian.

Berikut ini adalah cara atau panduan yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi saham:

  • Belajar mengenai investasi saham, keuntungan, dan kerugiannya

Pastikan sebelum memulai investasi, calon investor harus mengetahui terlebih dahulu investasi saham secara umum, keuntungan dan kerugian dalam melakukan investasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Presiden Jokowi Cabut Izin Investasi Miras, Mahfud MD: Pemerintah Tak Alergi Kritik dan Saran

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x