Khutbah Idul Adha Singkat Padat dan Mengharukan Tahun 2021, Bisa Dibaca Usai Salat Berjamaah di Rumah

- 19 Juli 2021, 19:10 WIB
Ilustrasi - Teks khutbah Hari Raya Idul Adha 2021 tentang suri tauladan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS sebagai pemimpin.
Ilustrasi - Teks khutbah Hari Raya Idul Adha 2021 tentang suri tauladan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS sebagai pemimpin. /UNSPLASH/jontyson

BERITA DIY - Simak teks khutbah Idul Adha yang singkat, padat, dan mengharukan tahun 2021. Bacaan khutbah bisa Anda sampaikan usai salat sunah berjamaah Idul Adha di rumah bersama keluarga.

Selaras dengan aturan PPKM Darurat, pemerintah mengimbau masyarakat untuk menjalankan salat Hari Raya Idul Adha di rumah untuk menghindari kerumumnan.

Jika ingin merasakan suasana Idul Adha yang sebenarnya, tak ada salahnya untuk menyampaikan khutbah singkat kepada keluarga. Penyampaian khutbah ini diharapkan menjadi refleksi untuk kita semua dan tetap bersyukur kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Ayat Kursi Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia, Beserta Keutamaan

Sebagaimana yang kita ketahui, sejarah Idul Adha berakar dari kisah Nabi Ibrahim AS dan anaknya, Nabi Ismail AS.

Ketika itu, Nabi Ibrahim AS dengan rela mengurbankan anaknya yang merupakan wahyu dari Allah SWT. Karena kepatuhan kepada Allah SWT, maka Dia mengubah Nabi Ismail AS dengan domba kurban.

Kisahnya bisa menjadi refleksi bagi kehidupan kita sehari-hari, bagaimana kita harus mengorbankan apa yang memang menjadi milik Allah SWT. Lantas, sikap tersebut menghindari kita pada nafsu dunia dan ketamakan. 

Baca Juga: Teks Khutbah Hari Raya Idul Adha 2021 di Tengah Pandemi Covid-19

Dilansir dari Mahkamah Agung Republik Indonesia, salah satu khutbah Hari Raya Idul Adha bertajuk "Moralitas Seorang Pemimpin: Refleksi Keteladanan Nabi Ibrahim AS" oleh Al Fitri, S.Ag., S.H., M.H.I., selaku Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah, bisa menjadi khutbah yang disampaikan usai salat berjamaah dengan keluarga di rumah.

Teks khutbah Hari Raya Idul Adha 1442 H

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: badilag.mahkamahagung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x