Catat, Jadwal Penggantian Kartu ATM Debit Chip Bank Himbara: Bank Mandiri Paling Lambat 1 Juli 2021

- 16 Juni 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi - Berikut daftar jadwal penukaran kartu ATM debit lama (magnetic stripe) di Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, Danamon, dan BTN. Diketahui, Bank Mandiri akan blokir kartu ATM lama per 1 Juli.
Ilustrasi - Berikut daftar jadwal penukaran kartu ATM debit lama (magnetic stripe) di Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, Danamon, dan BTN. Diketahui, Bank Mandiri akan blokir kartu ATM lama per 1 Juli. /Pixabay.com/planet_fox

BERITA DIY - Semenjak ada instruksi dari Bank Indonesia (BI), Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) dan swasta berbondong-bondong mewajibkan para nasabahnya untuk mengganti kartu ATM Debit lama ke basis chip yang diklaim lebih aman.

Hingga 31 Desember 2021, Bank BNI, Mandiri, BRI, BTN, Danamon dan BCA akan memblokir kartu ATM debit yang tak berbasis chip. Ini merupakan standar internasional yang ingin dipakai oleh BI.

Bank Mandiri telah umumkan bahwa batas penukaran atau penggantian kartu ATM debit magnetic stripe ke chip palng lambat yakni 1 Juli 2021. Tak ada batas toleransi.

Baca Juga: Aman dari Pembobolan, Ini 6 Keunggulan Kartu ATM Berbasis Chip dan Cara Menukar Kartu Lama

“Penggunaan kartu debit dengan sistem chip dapat meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun Bank sebagai penyedia jasa. Batas penukarannya hingga 1 juli 2021, ya,” tulis akun Twitter Bank Mandiri @bankmandiri dikutip pada Rabu, 16 Juni 2021.

Penggantian kartu ATM debit Mandiri magnetic stripe paling lambat 1 Juli 2021 berlaku untuk kartu debit yang punya masa berlaku 2026-2030.

Perlu diketahui, ciri fisik kartu ATM debit magnetic stripe yaitu memiliki pola garis hitam memanjang pada bagian belakang kartu. 

Baca Juga: Aman dari Pembobolan, Ini 6 Keunggulan Kartu ATM Berbasis Chip dan Cara Menukar Kartu Lama

Pita hitam di bagian belakang kartu itu menyimpan data dan akan terbaca ketika kamu melakukan transaksi. Jika banyak goresan di bagian tersebut, kartu takkan bisa digunakan.

Selain Bank Mandiri, ada bank-bank lain yang punya jadwal penggantian kartu ATM debit yang berbeda-beda. Begini jadwal selengkapnya:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x