Ciri-Ciri Kartu ATM Magnetic Stripe yang Wajib Diganti agar Tidak Diblokir

- 23 Mei 2021, 17:08 WIB
Ciri-ciri kartu ATM lama dengan magnetic stripe yang harus diganti.
Ciri-ciri kartu ATM lama dengan magnetic stripe yang harus diganti. /Tangkap layar instagram.com/@goodlifebca

BERITA DIY - Bagi kamu yang masih menggunakan kartu ATM jenis lama harus segera menggantinya ke jenis yang baru. Jika tidak, maka siap-siap kartu ATM mu akan diblokir dan tidak dapat digunakan.

Perbankan di Indonesia kompak akan segera memblokir ATM lama berbasis magnetic stripe yang masih digunakan nasabahnya.

Namun kebijakan pada setiap bank terkait jadwal blokir kartu ATM nasabahnya berbeda-beda.

Baca Juga: Cashless Jadi Solusi Transaksi Selama Pandemi, BRI Gratiskan Layanan di ATM BRI hingga BRIMo

Hanya saja baik bank swasta ataupun bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki batas waktu yang ditetapkan untuk mengganti seluruh Kartu ATM, Kartu Debet, terminal ATM, terminal EDC, dan sarana pemrosesannya menggunakan teknologi chip paling lambat tanggal 31 Desember 2021.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia. Surat yang terbit di Jakarta, 30 Desember 2015 itu membatasi penggunaan Kartu ATM magnetic stripe.

Karena itu, para nasabah yang belum mengganti Kartu ATM berbasis magnetic stripe menjadi berbasis chip, diminta segera melakukan penggantian.

Mengutip Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia, dari sisi fisik jika diamati secara teliti kita bisa mudah mengenali ciri-ciri kartu ATM magnetic stripe atau kartu ATM lama.

Baca Juga: Perbedaan ATM Link, Bersama, Prima, dan Daftar Bank yang Bisa Dipakai Transaksi Sekaligus Biaya yang Dikenakan

Sebelum mendatangi kantor bank terdekat untuk mengganti kartu ATM, kamu perlu memahami ciri-ciri kartu ATM magnetic stripe yang harus diganti.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x