Perbedaan ATM Link, Bersama, Prima, dan Daftar Bank yang Bisa Dipakai Transaksi Sekaligus Biaya yang Dikenakan

- 23 Mei 2021, 12:04 WIB
Perbedaan ATM Link, Bersama, Prima, dan Daftar Bank yang Bisa Pakai Termasuk Biaya Transaksinya
Perbedaan ATM Link, Bersama, Prima, dan Daftar Bank yang Bisa Pakai Termasuk Biaya Transaksinya /Instagram/@jalin.id

BERITA DIY - Mulai 1 Juni 2021 nanti Himpunan Bank Negara (Himbara)/Bank BUMN akan mengenakan biaya transaksi ATM Link untuk cek saldo dan tarik tunai, dari yang sebelumnya Rp 0 alias gratis.

Sebelum pemberlakukan aturan ini pun, sebenarnya beberapa jaringan ATM juga sudah ada yang mengenakan biaya transkasi untuk cek saldo hingga transfer. Namun tentu ada yang paling murah.

Di Indonesia tak cuma ATM Link yang menggunakan sistem ATM seperti itu, ada yang lain yaitu, ATM Prima, dan ATM Bersama.

Baca Juga: Sejarah ATM Link, Keunggulan Fitur dan Kenapa Kini Bertarif?

Apa perbedaan ketiga jaringan ATM tersebut dan perbandingan transaksi mana yang paling murah? Berikut informasinya.

ATM Link

ATM Link adalah semua ATM milik empat bank BUMN yang tergabung di Himpunan Bank Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN dengan logo ATM Link. Dikenalkan sejak 2015, ATM Link hingga saat ini sudah tersebar sebanyak 53 ribu mesin di Indonesia.

Mulai 1 Juni 2021, nasabah ATM Link bakal dikenai biaya untuk cek saldo dan tarik tunai dari yang sebelumnya gratis. Untuk cek saldo dikenakan Rp 2.500 untuk tarik tunai dikenakan Rp 5.000. Sedangkan transkasi transfer tidak berubah, tetap Rp 4.000.

Baca Juga: Daftar Kode Bank BRI, BNI, BCA, BTN, Mandiri, dan Lainnya, LENGKAP untuk Transfer Lewat ATM

Adapun nasabah BTN yang menggunakan ATM Link tidak dikenai perubahan biaya. Cek saldo masih Rp 4.000, tarik tunai masih Rp 7.500 dan trasfer masih Rp 6.500.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x