Apa Itu Non Biner dalam Gender? Viral Mahasiswa Universitas Hasanuddin Dikeluarkan Usai Ngaku Non Biner

- 21 Agustus 2022, 09:54 WIB
Ilustrasi. Penjelasan apa itu gender non biner adalah tentang apa dan perebedaan dengan seksual dalam kasus pengusiran mahasiswa Unhas Makassar yang dilakukan pihak kampus dan viral di medsos.
Ilustrasi. Penjelasan apa itu gender non biner adalah tentang apa dan perebedaan dengan seksual dalam kasus pengusiran mahasiswa Unhas Makassar yang dilakukan pihak kampus dan viral di medsos. /PIXABAY/Geralt

BERITA DIY - Trending di Twitter dan viral di media sosial, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar dikeluarkan setelah mengakui identitas non biner, lantas apa itu non biner dalam gender?

Kronologi pengusiran yakni saat salah satu dosen dan Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum Unhas menanyai mahasiswa berinisial NA tentang identitas seksual.

Namun, NA memahami jika yang ditanyakan adalah soal preferensi identitas gender dan ia menjawab non biner.

"Tidak keduanya, di tengah-tengah. Makanya gender netral pak," jawab NA dikutip dari akun Twitter @lelakibugis pada 21 Agustus 2022.

Kemudian, Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum Unhas Muhammad Hasrul mengusir NA dan menyatakan jika identitas gender hanya 2 yakni laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Hubungan Feminisme dalam Pendekatan Ilmu Politik: Kesetaraan Gender dan Hak Suara Perempuan

Apa itu gender dan perbedaan dengan seksual

Masih banyak orang yang memahami gender dan seksual adalah dua hal yang sama yakni laki-laki dan perempuan.

Oleh karena itu, sebagian besar orang akan kurang memahami dan kemudian mendiskriminasi kelompok gender tertentu di luar laki-laki dan perempuan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x