Tonga Itu Di Mana? Ini Letak Negara yang Diterjang Tsunami Karena Gunung Berapi Bawah Laut

- 16 Januari 2022, 10:29 WIB
Bendera negara Tonga. Di mana letak Tonga? Seperti kita tahu, wilayah tersebut diterjang gelombang tsunami setinggi 1,2 meter akibat letusan gunung berapi.
Bendera negara Tonga. Di mana letak Tonga? Seperti kita tahu, wilayah tersebut diterjang gelombang tsunami setinggi 1,2 meter akibat letusan gunung berapi. /Pixabay/Clker-Free-Vector-Images

BERITA DIY - Di mana letak Tonga? Seperti kita tahu, wilayah tersebut diterjang gelombang tsunami setinggi 1,2 meter akibat letusan gunung berapi bawah laut baru-baru ini.

Gunung berapi tersebut bernama Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang hanya berada 65 kilometer di utara Ibukota Kerajaan Tonga, Nuku’alofa di samudera Pasifik.

Akibatnya, pesisir pantai Tonga, Kerajaan Tonga, tersapu oleh gelombang setinggi 1,2 meter. Air pasang bahkan hingga menerjang area pusat Ibukota Nuku'alofa.

Baca Juga: Trending 7.01 LS di Twitter, Apa Gempa Bumi 6,7 Magnitudo Jakarta dan Banten Berpotensi Tsunami?

Bahkan akibat sapuan gelombang tsunami tersebut, Tupou VI, Raja Tonga terpaksa harus dievakuasi dari istana ke tempat yang lebih aman.

Untung saja, pemerintah setempat telah memberikan peringatan dini tsunami kepada masyarakat sehingga evakuasi bisa dilakukan dengan maksimal.

Gelombang pasang tsunami yang menerjang Tonga bahkan dilaporkan juga menghantam pesisir Jepang, Selandia Baru, Australia, hingga sebagian Amerika Serikat.

Baca Juga: Lokasi Negara Tonga Di Mana yang Terancam Tsunami? Ini Gambaran Erupsi Gunung Api Bawah Laut yang Landa Tonga

Baca Juga: Badai Panik Tsunami Melanda Warga Daerah Ini Usai Gempa Bumi Banten Terasa di Jakarta: Sekarang Kumpul di Luar

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x