Lokasi Negara Tonga Di Mana yang Terancam Tsunami? Ini Gambaran Erupsi Gunung Api Bawah Laut yang Landa Tonga

- 16 Januari 2022, 12:56 WIB
Negara Tonga di mana yang terancam Tsunami? Simak gambaran erupsi gunung api bawah laut yang baru saja landa Tonga.
Negara Tonga di mana yang terancam Tsunami? Simak gambaran erupsi gunung api bawah laut yang baru saja landa Tonga. /Gumpalan putih membumbung di atas Tonga saat gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus, dalam gambar diam ini diperoleh dari GIF animasi milik Cooperative Institute for Research in the Atmosphere (CIRA) dan NOAA, 15 Januari 2021. ANTARA/Handout via REUTERS/CIRA/NOAA/aa

BERITA DIY - Negara Tonga di mana yang terancam Tsunami? Simak gambaran erupsi gunung api bawah laut yang baru saja landa Tonga.

Seperti diketahui, Gunung Api bawah laut di lepas pantai Tonga meletus pada Sabtu, 15 Januari 2022, di mana memicu peringatan tsunami.

Akibat erupsi itu, muncul perintah mengungsi di pesisir Tonga serta beberapa pulau Pasifik Selatan, di mana rekaman di media sosial menunjukkan gelombang menghantam rumah-rumah di pesisir.

Baca Juga: Tonga Itu Di Mana? Ini Letak Negara yang Diterjang Tsunami Karena Gunung Berapi Bawah Laut

Saluran internet dan telepon terputus pada sekitar pukul 18.40 waktu setempat, Sabtu yang mengakibatkan 105.000 penduduk di pulau-pulau tersebut hampir tidak bisa dikontak.

“Gambar erupsi gunung berapi di dekat Tonga sangat memprihatinkan,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern melalui keterangannya di Instagram.

Selandia Baru berjarak sekitar 1.481 mil atau 2.383 kilometer dari Tonga.

“Komunikasi akibat erupsi itu menjadi sulit, tetapi tim pasukan pertahanan kami dan Kementerian Luar Negeri tengah bekerja saat kita berbicara untuk menetapkan apa yang dibutuhkan dan bagaimana kami bisa membantu,” katanya.

Baca Juga: Info Gempa Bumi Susulan Terkini di Banten yang Terasa hingga Jakarta: Ini Update Potensi Tsunami RESMI BMKG

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah