Selain Angkat Besi, Ini Cabor yang Terancam Dihapus di Olimpiade Paris 2024! Merugikan Indonesia?

- 13 Agustus 2021, 16:00 WIB
Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi Indonesia. Cabor angkat besi dan tinju dikabarkan akan mendapat pengurangan kuota hingga dihapus dari Olimpiade Paris 2024.
Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi Indonesia. Cabor angkat besi dan tinju dikabarkan akan mendapat pengurangan kuota hingga dihapus dari Olimpiade Paris 2024. /Antara/Sigid Kurniawan

BERITA DIY - Kabar kurang sedap datang dari olahraga Olimpiade. Komite Olimpiade Internasional (IOC) berencana akan menghapus beberapa cabang olahraga di Olimpiade Paris 2024. IOC berencana alan menghapus angkat besi dan tinju.

Pada Olimpiade Paris 2024, kedua cabor tersebut sebenarnya sudah dipangkas kuotanya. Namun kabar terkini menyebut, angkat besi bisa saja dihapuskan di Paris.

Pengurangan kuota di 28 cabor itu dinilai sudah proporsional karena hanya difokuskan pada cabang yang sangat mungkin dipangkas, namun tetap mempertahankan nilai universal Olimpiade.

Baca Juga: Klasemen Akhir Perolehan Medali Olimpiade Tokyo 2020: Siapa Juara Umum?

"Di masa lalu, IOC telah dihadapkan pada situasi yang menimbulkan kekhawatiran serius mengenai tata kelola federasi internasional tertentu," kata Coates pada pertemuan akhir kompetisi dilansir Asahi, Minggu 8 Agustus 2021.

Pengurangan kuota tertinggi terjadi pada angkat besi. Pengurangan bahkan rencana penghapusan angkat besi di Olimpiade Paris 2024 disebabkan banyaknya kasus doping dan permasalahan pada tata kelola Federasi Angkat Besi Dunia (IWF).

Tak hanya soal kasus doping, kasus korupsi di tubuh Federasi Angkat Besi Dunia (IWF) juga menjadi faktor rencana dikelaurakannya angkat besi dari Olimpiade Paris 2024.

IWF sendiri dipimpin selama dua dekade hingga tahun lalu oleh mantan anggota lama IOC Tamas Ajan. Masalah badan pengatur dirinci dalam program investigasi oleh penyiar Jerman ARD.

Baca Juga: Guru dari Indonesia Sukses Jadi Wasit Pada Cabor Bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020, Nadiem: Terima Kasih

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x