Hal yang Perlu Diperhatikan Penderita Penyakit Jantung saat Berpuasa, Apakah Masih Boleh Puasa?

- 12 April 2022, 18:15 WIB
Ilustrasi bagi penderita penyakit jantung, puasa tentu bukan hal yang mudah dilakukan sebagaimana oleh umat Islam lainnya yang bukan penderita.
Ilustrasi bagi penderita penyakit jantung, puasa tentu bukan hal yang mudah dilakukan sebagaimana oleh umat Islam lainnya yang bukan penderita. /Pixabay/pexels

BERITA DIY - Bagi penderita penyakit jantung, puasa tentu bukan hal yang mudah dilakukan sebagaimana oleh umat Islam lainnya yang bukan penderita.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita penyakit jantung saat berpuasa. Lalu, bagaimana pandangan ulama? Apakah masih boleh melaksanakan puasa?

Tentunya, bagi seseorang yang punya kondisi kesehatan tertentu, terkhusus penderita penyakit jantung, harus ada hal yang diperhatikan sebelum berpuasa.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari Ini Wilayah Yogyakarta: Kota Jogja, Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul

Pertama-tama, penderita penyakit jantung perlu melakukan check-up terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui kondisi terkini, apakah aman untuk berpuasa atau tidak.

Salah satu hal yang tentunya akan sangat mengganggu bagi penderita penyakit jantung dari berpuasa ialah konsumsi obat yang tentunya harus berhenti pada saat berpuasa.

Maka itu, penderita kardiovaskuler atau penyakit jantung harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena berhenti konsumsi obat akan memperburuk keadaan.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa di Yogyakarta Hari Ini 12 April 2022: Jogja, Bantul, Kulon Progo, Sleman, Gunungkidul

Jika diberikan izin, maka dokter akan memberikan resep obat 2 kali sehari yang tentunya bisa dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x