Jadwal Imsak DKI Jakarta dan Sekitarnya 10 Ramadhan, Selasa, 12 April 2022 dari Kemenag

- 12 April 2022, 03:00 WIB
Simak jadwal imsak DKI Jakarta dan sekitarnya 10 Ramadhan, Selasa, 12 April 2022 resmi dari Dirjen Bimas Islam Kemenag.
Simak jadwal imsak DKI Jakarta dan sekitarnya 10 Ramadhan, Selasa, 12 April 2022 resmi dari Dirjen Bimas Islam Kemenag. /Pixabay/jette55

BERITA DIY - Simak jadwal imsak DKI Jakarta dan sekitarnya 10 Ramadhan, Selasa, 12 April 2022 resmi dari Dirjen Bimas Islam Kemenag.

Dirjen Bimas Islam Kemenag merupakan bagian dari Kementerian Agama RI yang bertanggungjawab memperbaharui jadwal imsakiyah seluruh Indonesia.

Dalam rangkaian jadwal imsakiyah, juga tertera jadwal waktu masuk shalat wajib, imsak, hingga terbitnya fajar. Dengan begitu, umat Islam tidak akan terlambat sahur atau terlalu dini berbuka puasa.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Untuk Wilayah Jakarta dan Sekitarnya 9 Ramadhan, Senin, 11 April 2022

Selain untuk umat Islam secara keseluruhan, jadwal imsak juga sangatlah berguna untuk para pengurus masjid karena bisa menjadi patokan untuk mengumandangkan adzan.

Sebagaimana kita tahu, dalam syariat Islam, jadwal masuknya waktu shalat tidaklah ditentukan dengan jam modern yang selama ini kita tahu.

Untuk mengetahui kapan harus adzan atau belum, agama Islam mengajarkan umatnya untuk melihat tanda-tanda alamiah, tepatnya rotasi bumi terhadap matahari.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa dan Imsak Hari Ini, 10 April 2022 untuk Wilayah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya

Karena tidak semua umat Islam punya pengetahuan mengenai hal itu, maka dibuatlah jadwal imsakiyah agar mempermudah umat Islam untuk mengetahui jam berapa masuk waktu shalat, imsak, serta jadwal terbit matahari.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x