Jadwal Imsak dan Buka Puasa Untuk Wilayah Jakarta dan Sekitarnya 9 Ramadhan, Senin, 11 April 2022

- 11 April 2022, 05:09 WIB
Simak jadwal imsak dan buka puasa untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, 9 Ramadhan 1443 H atau Senin, 11 April 2022.
Simak jadwal imsak dan buka puasa untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, 9 Ramadhan 1443 H atau Senin, 11 April 2022. /Pixabay/Churchild

BERITA DIY - Simak jadwal imsak dan buka puasa untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, 9 Ramadhan 1443 H atau Senin, 11 April 2022.

Adapun jadwal imsak dan buka puasa yang nanti tersaji tidak cuma berlaku untuk wilayah DKI Jakarta saja, tetapi juga berlaku untuk daerah-daerah satelit di sekitarnya.

Sebagaimana umat Islam tahu, jadwal masuk waktu shalat, waktu imsak, hingga waktu buka puasa ditandai dengan perubahan rotasi bumi terhadap matahari.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Capcay Kuah Aneka Sayuran untuk Menu Buka Puasa Ramadhan, Sederhana dan Bernutrisi

Maka itu, tak ayal jika dalam beberapa kitab fiqih, disebutkan bahwa untuk mengetahui masuknya waktu shalat, perlu dilihat dari warna langit dan lain sebagainya.

Pada masa modern, patokan masuk waktu shalat ialah dengan jam modern yang dikenal selama ini. Adapun konversi dari tanda-tanda alam ke jam modern dilakukan guna mempermudah patokan waktu.

Di Indonesia, konversi tersebut dilakukan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag yang dipublikasikan melalui website bimasislam.kemenag.go.id dalam bentuk jadwal imsakiyah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Berbuka Puasa, Bisa Jadi Cemilan Alternatif Penderita Diabetes

Dengan adanya jadwal imsakiyah tersebut, umat Islam jadi lebih mudah mengetahui kapan jadwal imsak, jadwal buka puasa, hingga jadwal masuk waktu shalat.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x