Jadwal Imsak Imsakiyah, Waktu Berbuka Puasa Ramadhan Hari Ini 8 April 2022 WIB: Medan, Batam, Semua Kota Besar

- 7 April 2022, 21:41 WIB
Jadwal Imsak Imsakiyah dan waktu berbuka puasa Ramadhan hari ini Jumat 9 April 2022 WIB lengkap, mulai Medan, Jambi, Yogyakarta, Jakarta, Padang dan kota besar lain.
Jadwal Imsak Imsakiyah dan waktu berbuka puasa Ramadhan hari ini Jumat 9 April 2022 WIB lengkap, mulai Medan, Jambi, Yogyakarta, Jakarta, Padang dan kota besar lain. /FREEPIK/freepik

BERITA DIY - Saat ini banyak yang mencari jadwal Imsakiyah dan buka puasa, waktu berbuka Batam hari ini, buka puasa jam berapa 2022 di Medan, Padang, Jambi, Yogyakarta, Jakarta.

Yuk simak jadwal Imsak Imsakiyah dan waktu berbuka puasa Ramadhan hari ini Jumat 9 April 2022 WIB lengkap, mulai Medan, Jambi, Yogyakarta, Jakarta, Padang dan kota besar lain.

Seperti diketahui, hukum puasa Ramadhan merupakan fardhu ain. Fardhu ain merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang muslim dan muslimah, sama seperti sholat.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Kifarat Beserta Tata Cara Membayar Kafarat Puasa dengan Uang dan Hukum Puasanya Berapa Hari

Apabila meninggalkan puasa Ramadhan, artinya seseorang akan berdosa. Berbeda dengan puasa di hari biasa lain yang hukumnya sunnah, berarti tak berdosa jika tak menjalankan.

Dalam berpuasa Ramadhan, terdapat istilah Imsak. Imsak sendiri memiliki arti memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat hingga masuk Shubuh.

Waktu Imsak adalah waktu tertentu tergantung daerah masing-masing sebagai batas akhir makan sahur bagi orang yang pada hari itu mau melakukan ibadah puasa.

Baca Juga: Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah Arab Latin Artinya, Ini Jadwal Buka Jam Berapa se-Indonesia

Lalu dalam berpuasa diakhiri dengan Iftar atau buka puasa. Buka puasa di bulan Ramadhan sendiri dilakukan tepat saat waktu adzan Maghrib dikumandangkan.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x