Makna dan Filosofi Gunungan Wayang, Ada di Wayang Kulit hingga Wayang Golek, Simak di Sini

- 14 Maret 2022, 18:45 WIB
Ini dia makna dan filosofi Gunungan Wayang yang ada di Wayang Kulit maupun Wayang Golek. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Ini dia makna dan filosofi Gunungan Wayang yang ada di Wayang Kulit maupun Wayang Golek. Simak penjelasan lengkapnya di sini. /Instagram.com/@wayangheritage

 

BERITA DIY - Ini dia makna dan filosofi gunungan wayang yang ada di wayang kulit maupun wayang golek. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Ketika kita menonton pertunjukan wayang, kita pasti akan melihat dalang menaikkan sebuah layar berbentuk gunung saat membuka pertunjukan maupun menutup pertunjukan.

Uniknya, hal tersebut tak cuma dilakukan di satu jenis pertunjukan wayang saja, melainkan juga ada di wayang kulit maupun wayang golek.

Baca Juga: Makna Kata Implementasi dalam KBBI dan Menurut Pendapat Para Ahli Bahasa dan Ahli Politik

Sebuah layar berbentuk gunung tersebut dinamai gunungan wayang yang tak hanya menjadi pembuka dan penutup saja, tetapi juga memiliki makna dan filosofi yang dalam.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kebumenkab.go.id pada Senin, 14 Maret 2022, simak makna dan filosofi gunungan wayang di bawah ini:

Makna dan Filosofi Gunungan Wayang

Pertunjukan wayang memang diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Pulau Jawa. Namun, tak banyak orang yang mengetahui bahwa wayang merupakan pertunjukan yang sarat makna.

Baca Juga: Cara Dapat Logo Halal BPJPH serta Penjelasan Mengenai Filosofi dan Makna Logo Baru dari Kemenag

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x