Apa Itu Ogoh-ogoh? Berikut Makna, Fungsi, dan Alasan Kenapa Harus di Bakar Setelah Diarak

- 2 Maret 2022, 18:25 WIB
makna dari Ogoh-ogoh pada tradisi umat hindu, lengkap dengan fungsi dari filosofi alasan kenapa harus dibakar setelah dilakukan arak-arakan.
makna dari Ogoh-ogoh pada tradisi umat hindu, lengkap dengan fungsi dari filosofi alasan kenapa harus dibakar setelah dilakukan arak-arakan. /Michelle Raponi/Pixabay

BERITA DIY – Berikut makna Ogoh-ogoh yang sering dijumpai pada saat acara umat hindu, berikut fungsi, hingga alasan mengapa harus dibakar setelah diarak.

Ogoh-ogoh sering digambarkan dengan wujud yang sangat besar serta menyerupai makhluk-makhluk yang berpenampilan menyeramkan.

Karya seni Ogoh-ogoh merupakan kebudayaan Bali yang berbentuk patung ini memiliki maksud filosofi perwujudan Bhuta Kala atau roh jahat.

Baca Juga: 15 Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi 2022 dalam Bahasa Bali, Cocok untuk Status WA, FB, dan Twitter

Sifat Ogoh-ogoh yang Bhuta Kala memiliki makna kekuatan alam semesta dan yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Bhuta Kala digambaran sebagai roh jahat bertubuh tinggi besar bagaikan raksasa, berpenampilan seram dan memiliki wajah yang menakutkan.

Tak hanya berwujud raksasa makhluk astral, Ogoh-ogoh pun sering digambarkan dalam bentuk seseorang yang jahat seperti tokoh atau pejabat yang berkelakuan buruk.

Baca Juga: Link Twibbon dan Ucapan Hari Raya Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944 Penuh Ketenangan Cocok Dibagikan di Sosmed

Fungsi utama Ogoh-Ogoh yakni sebagai penggambaran Bhuta Kala atau roh jahat. Sering dibuat untuk acara sebelum Hari Nyepi sebelum akhirnya diarak bersama-sama.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x