10 Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 atau Tahun Baru Saka 1944, Penuh Makna dan Harapan

- 2 Maret 2022, 13:50 WIB
10 ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 atau Tahun Baru Saka 1944, penuh makna dan harapan.
10 ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 atau Tahun Baru Saka 1944, penuh makna dan harapan. /PEXELS/Artem Beliaikin

BERITA DIY - Simak 10 ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 atau Tahun Baru Saka 1944, sampaikan ucapan selamat penuh makna dan harapan.

Hari Raya Nyepi merupakan perayaan tahun baru bagi umat beragama Hindu. Umat Hindu akan merayakan pergantian tahun saka. Hari Raya Nyepi pada tahun ini akan dilaksanakan pada Kamis 3 Maret 2022.

Nyepi berasal dari kata "sepi" yang berarti sunyi. Pada hari ini, umat Hindu akan merenung dan tidak melakukan aktivitas apapun dalam sehari penuh.

Baca Juga: Kapan Hari Raya Nyepi tahun 2022? Ini Makna dan Cara Pelaksanaan Upacara Nyepi

Hari Raya Nyepi memiliki tujuan untuk menyucikan kembali alam manusia atau bhuana alit dan alam semesta bhuana agung. Sebelum melaksanakan Hari Raya Nyepi, umat Hindu akan melakukan beberapa tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun.

Tradisi tersebut berupa serangkaian perayaan yang dimulai dari tawur, melasti, amati geni, ngembak geni, dan menghaturkan bhakti atau pemujaan.

Salah satu tradisi yang dilakukan umat hindu adalah upacara Melasti yang dilakukan dengan membawa segala sarana persembahyangan dari pura ke laut. Umat Hindu memiliki kepercayaan bahwa laut merupakan sumber air yang suci dan dapat menyucikan segala kotoran yang ada dalam diri manusia.

Baca Juga: Sejarah Hari Raya Nyepi 2022, Tata Cara Upacara dan Makna Tahun Baru Saka untuk Umat Hindu

Selain itu umat Hindu juga akan melaksanakan upacara Pengrupukan. Upacara ini dilakukan dengan ritual menebar nasi tawur, mengobor-obori rumah, dan memukul kentongan. Upacara ini bertujuan untuk mengusir atau menghilangkan pengaruh buruk dari roh-roh jahat.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x