Apa Makna Nyepi bagi Umat Hindu? Ketahui Sejarah dan Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Saka 1944

- 2 Maret 2022, 13:26 WIB
ilustrasi - Penjelasan apa makna Hari Raya Nyepi bagai umat Hindu serta sejarah dan ucapan selamat Tahun Baru Saka 1944.
ilustrasi - Penjelasan apa makna Hari Raya Nyepi bagai umat Hindu serta sejarah dan ucapan selamat Tahun Baru Saka 1944. /pixabay.com/ Artem Beliaikin

BERITA DIY – Berikut penjelasan apa makna Nyepi bagi umat Hindu serta sejarah dan kumpulan ucapan selamat Tahun Baru Saka 1944.

Hari Nyepi merupakan syarat bagi umat hindu dalam menyambut tahun baru Saka. Secara kalender Bali, Hari Raya Nyepi tempat pada tanggal 1 Saka 1944 sedangkan secara kalender nasional jatuh pada 3 Maret 2022.

Tahun Baru Saka memiliki makna yang beragam, seperti kerukunan nasional, hari kedamaian, hari toleransi, hari pembaharu kebersamaan, dan hari kebangkitan.

Baca Juga: 4 Pantangan yang Tidak BIsa Dilakukan Umat Hindu Saat Perayaan Nyepi 2022 Tahun Baru Saka

I Wayan Suwena dalam jurnal berjudul 'Fungsi dan Makna Ritual Nyepi di Bali' menyebutkan bahwa Nyepi merupakan sepi atau sunyi.

Dalam perayaan Hari Raya Nyepi, umat Hindu menahan diri untuk tetap diam di rumah, tidak menghidupkan perapian, atau mengucapkan kalimat-kalimat tertentu.

Meskipun Hari Raya Nyepi diperingati dengan memberikan libur, tetapi bagi umat Hindu tidak diperkenankan untuk menjalankan aktivitas rutin.

Baca Juga: 20 Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Cocok Untuk Story WA dan Status Facebook

Tujuan berdiam diri untuk mengevaluasi diri dan merenungi hasil kerja selama setahun sekaligus tahun-tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x