Apakah MUI Itu Ormas? Simak Sejarah Berdiri dan Profil Lengkap Majelis Ulama Indonesia

- 14 Maret 2022, 18:10 WIB
Apakah MUI itu ormas? Simak sejarah berdiri dan profil lengkap lembaga bernama panjang Majelis Ulama Indonesia itu.
Apakah MUI itu ormas? Simak sejarah berdiri dan profil lengkap lembaga bernama panjang Majelis Ulama Indonesia itu. /Instagram.com/@muipusat

BERITA DIY - Apakah MUI itu ormas? Simak sejarah berdiri dan profil lengkap lembaga bernama panjang Majelis Ulama Indonesia itu.

MUI atau Majelis Ulama Indonesia merupakan sebuah organisasi yang mewadahi para ulama Tanah Air untuk membahas apapun perihal permasalahan Agama Islam.

Wadah para ulama dalam organisasi MUI tersebut dibangun untuk membina, membimbing, dan mengayomi umat Islam di Indonesia.

Baca Juga: Ustad Adi Hidayat Angkat Suara Soal Perubahan Logo Halal dari MUI ke BPJPH

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan istilah fatwa MUI atau label halal MUI. Keputusan-keputusan salah atau benarnya suatu hukum diputuskan oleh para ulama yang tergabung dalam MUI.

Secara organisasi, MUI sebenarnya adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berdiri sendiri dan tidak di bawah lembaga pemerintahan apapun.

Namun, secara historis, MUI dibentuk oleh pemerintah pada 26 Juli 1975 di Jakarta seperti dikutip dari rubrik Profil MUI di laman resmi mui.or.id pada Senin, 14 Maret 2022.

Baca Juga: Omicron Melonjak: Fatwa MUI Mengenai Salat Jumat diganti Salat Zuhur Ketika Pandemi Covid-19

Tugas utama yang dicanangkan pemerintah untuk MUI saat itu adalah membantu pemerintah dalam hal urusan agama Islam dan kemaslahatan umat Islam Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x