Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah, Niat dan Bacaan Doa Lengkap Sesuai Anjuran MUI

- 16 Juli 2021, 21:00 WIB
Kemenag mengimbau agar masyarakat sholat Idul Adha di rumah selama ada PPKM Darurat pandemi Covid-19. Simak tata cara dan bacaan doanya.
Kemenag mengimbau agar masyarakat sholat Idul Adha di rumah selama ada PPKM Darurat pandemi Covid-19. Simak tata cara dan bacaan doanya. /PIXABAY/rudolf_langer

BERITA DIY - Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan Idul Adha 2021/1442 H pada 20 Juli 2021. Namun, selama pandemi, sholat sunnah Idul Adha bisa dikerjakan di rumah.

Tanggal Hari Raya Idul Adha 2021 yang bertepatan dengan diberlakukannya PPKM Darurat, membuat Kemenag membuat SE Nomor 17 Tahun 2021.

Peraturan itu memuat peniadaan kegiatan malam takbiran di masjid/mushalla maupun takbir keliling di seluruh kabupaten/kota yang diterapkan PPKM Darurat.

Baca Juga: Idul Adha 2021: Hal-Hal yang Perlu Diketahui Orang yang Kurban: Tak Boleh Potong Kuku, Benarkah?

Serta, imbauan agar masyarakat di wilayah yang termasuk zona merah dan oranye penyebaran Covid-19 dan memberlakukan PPKM Darurat, melaksanakan sholat Idul Adha di rumah.

Di Jogja pun, pelaksanaan sholat Idul Adha diimbau dilakukan di rumah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Retnaningtyas.

"Shalat Idul Adha di 2020 masih bisa (dilakukan di lapangan atau masjid) dengan protokol kesehatan. Tapi di di 2021 shalat Idul Adha ditiadakan dan dilaksanakan di rumah masing-masing," kata Retnaningtyas dalam press conference yang digelar secara virtual, Jumat 16 Juli 2021.

Hal ini sudah diatur dalam Surat Edaran Wali Kota Yogyakarta Nomor 451/3419/SE/2021 terkait penyelenggaraan Ibadah Idul Adha di masa PPKM darurat. Penyelenggaraan takbir keliling menjelang Idul Adha juga dilarang.

Baca Juga: Resep Masak Daging Sapi Bumbu Lapis Kecap Khas Surabaya yang Empuk Gurih, Bisa Disajikan Saat Idul Adha

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x