Desa Manjung: Desa Pancasila di Kabupaten Klaten Sebagai Upaya Pengamalan Pancasila Secara Utuh

- 8 Agustus 2020, 21:48 WIB
Pancasila sebagai ideologi dan pemersatu bangsa
Pancasila sebagai ideologi dan pemersatu bangsa /portaljember.pikiran-rakyat.com

Berita DIY - Desa Pancasila merupakan implikasi dari usaha pembentukan masyarakat yang sarat mengamalkan Pancasila secara utuh. Kabupaten Klaten memiliki Desa Pancasila yang berlokasi di Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Desa Manjung memiliki 10 RW dengan total jumlah penduduk 3.661 jiwa (Data tahun 2017) dan luas wilayah 124 hektare (ha). Gagasan Desa Pancasila bermula dari pertemuan antara Kepala Desa Manjung, Prof. Dawam Rahardjo selaku Rektor Universitas Proklamasi 45 dan pihak BMT Inti pada tahun 2016. Pertemuan tersebut menghasilkan sebuah usulan merintis Desa Manjung sebagai Desa Pancasila dan disetujui oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Desa Manjung merupakan kesatuan masyarakat yang memiliki kerukunan hidup yang tinggi dan toleran antarmasyarakat. Wujud nyata dari kerukunan masyarakat Desa Manjung dibuktikan dengan keberadaan berbagai agama dalam satu kesatuan desa yang masing-masing memiliki rumah peribadatan serta hubungan antarmasyarakat beragama sangat harmonis dan saling tolong menolong.

Baca Juga: Lebih Dari 17 Orang Tewas di Korea Selatan karena Banjir dan Longsor

Desa Manjung memiliki  11 masjid sebagai tempat ibadah agama Islam, satu gereja tempat ibadah umat Kristiani, satu pura tempat ibadah pemeluk Hindu, serta satu rumah doa bagi umat Katolik. Lokasi tempat ibadah satu dengan yang lain tergolong cukup dekat, namun tidak satu pun merasa saling terganggu dengan perbedaan agama, peribadatan, serta ritual-ritual keagamaan yang diadakan di masing-masing tempat ibadah dari empat agama yang ada di Desa Manjung.

Apabila umat Muslim melaksanakan hari besar Idul Fithri atau Idul Adha’, masyarakat agama lain bergotong royong ikut serta membantu melancarkan kegiatan tersebut dengan menjaga kendaraan-kendaraan umat yang sedang beribadah, menjaga keamanan selama  ibadah umat Muslim digelar dan pekerjaan lain yang dapat membantu. Hal serupa pula terjadi ketika umat Kristiani menjalankan ibadah Natal, termasuk umat Hindu dan Katolik ketika menjalankan ibadah besarnya.

Waliyono selaku Kepala Desa Manjung mengutarakan bahwa gagasan menjadikan Desa Manjung sebagai Desa Pancasila memiliki berbagai tujuan, antara lain ialah meningkatkan sikap toleransi antarmasyarakat, mengamalkan Pancasila secara utuh dalam keseharian masyarakat, serta menangkal sifat intoleransi yang berujung pada radikalisme.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning Bersifat Opsional, Wali Murid Bisa Menolak

Desa Pancasila memiliki berbagai macam program untuk mencapai tujuan dari Desa Pancasila itu sendiri. Program lanjutan dari Desa Pancasila yang rutin dilaksanakan adalah Patriot Desa. Pemerintah Desa Manjung mengadakan pelatihan Patriot Desa yang sasarannya adalah remaja desa untuk menjadi kader pengamalan nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

Halaman:

Editor: Nia Sari

Sumber: Pemkab Klaten klatenkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x