Lirik Lagu Indonesia Raya Asli, 2 dan 3 Stanza dan Asli: Sejarah, Makna Kebangsaan dan Siapa Penciptanya

- 16 Agustus 2021, 12:10 WIB
ILUSTRASI - Bendera Indonesia. Tujuan WR Supratman mencipta lagu Indonesia Raya adalah untuk menjelaskan kepada dunia tentang identitas dari negara Indonesia yang telah berdiri dan merdeka.
ILUSTRASI - Bendera Indonesia. Tujuan WR Supratman mencipta lagu Indonesia Raya adalah untuk menjelaskan kepada dunia tentang identitas dari negara Indonesia yang telah berdiri dan merdeka. /PIXABAY/Fotorech

BERITA DIY - Sejarah bangsa Indonesia mencatat, lirik lagu Indonesia Raya pernah alami perubahan dari yang asli, menjadi versi 2 stanza dan kemudian 3 stanza.

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf WR Supratman pada 19 Maret 1903 di kota Purworejo, Jawa Tengah dan meninggal pada 17 Agustus 1938.

Adapun tujuan terciptanya lagu Indonesia Raya adalah untuk menjelaskan kepada dunia tentang identitas dari negara Indonesia yang telah berdiri dan merdeka.

Baca Juga: Perbedaan Paskibra dan Paskibraka, Serta 68 Nama Jumlah Pasukan Pengibar Bendera HUT ke-76 RI 17 Agustus 2021

Dalam sejarah, lagu Indonesia Raya telah dikumandangkan bahkan sebelum negara Indonesia terbentuk, yakni pada Kongres Pemuda II yang dilangsungkan di Jakarta pada bulan Oktober 1928.

Pada ajang kumpul para pemuda se-nusantara tersebut, WR Supratman menperdengarkan lagu ciptaanya di depan publik dengan instrumen biola. Dari situlah, pada setiap pertemuan kongres yang diadakan maka lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan.

Kembali pada bahasan perubahan lirik Indonesia Raya, WR Supratman mencipta lagu yang kini menjadi lagu nasional tersebut dengan 3 stanza dengan judul "Indonesia Merdeka".

Baca Juga: Macam-macam Lomba Kemerdekaan HUT ke-76 RI Secara Virtual atau Online di Rumah Masa Pandemi

Namun, kata "merdeka" pada judul lagu tersebut kemudian diganti menjadi “Raya” karena pada masa itu kata merdeka masih sangat sensitif.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x