Setelah Hari Ini Berakhir, Apakah PPKM Level 4 Diperpanjang? Jokowi Siapkan Pengumuman Baru, Ini Penjelasannya

- 2 Agustus 2021, 10:00 WIB
Apakah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan memperpanjang atau melonggarkan PPKM? Kita nantikan saja pengumuman terkait kasus Covid-19 hari ini, Senin 2 Agustus 2021.
Apakah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan memperpanjang atau melonggarkan PPKM? Kita nantikan saja pengumuman terkait kasus Covid-19 hari ini, Senin 2 Agustus 2021. /Instagram.com/@jokowi

BERITA DIY - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada hari ini, 2 Agustus 2021. Apakah akan diperpanjang lagi oleh pemerintah?

Awalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) umumkan PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3 sampai 20 Juli 2021. Kemudian pemerintah memperpanjangnya lagi menjadi PPKM Level 4 pada 21-25 Juli dan dilanjutkan hingga 2 Agustus 2021.

Rencananya, pengumuman perpanjangan atau relaksasi PPKM akan dibacakan secara langsung oleh Presiden Jokowi hari ini, 2 Agustus 2021.

Baca Juga: Perbedaan Aturan PPKM Level 1, 2, 3, dan 4: Tempat Ibadah Boleh di Buka hingga Dilarang oleh Pemerintah

"Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM tanggal 2 Agustus 2021 berakhir," kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Syafrizal kepada media, Minggu 1 Juli 2021.

Adapun kebijakan yang diambil pemerintah telah mempertimbangkan segala aspek kehidupan, ungkap Syafrizal, demi keselamatan warga.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sempat mengatakan, pelonggaran pembatasan akan dilakukan secara bertahap jika situasi pandemi Covid-19 menunjukkan perbaikan. Salah satu indikatornya yakni penurunan angka kasus positif.

Baca Juga: Aturan Terbaru Resepsi Pernikahan dan Hajatan saat PPKM Level 1 hingga Level 3, Dizinkan Tapi Patuhi Ini

"Pada tanggal 26 Juli 2021 akan dilakukan relaksasi dan pembukaan bertahap di beberapa daerah apabila menunjukkan perbaikan dari semua sisi, terutama penurunan kasus dan indikator-indikator sesuai dengan acuan dari WHO (World Health Organization)," kata Luhut, dalam konferensi pers daring, Rabu 21 Juli 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x