Masyarakat Pertanyakan Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Menkes Budi Gunadi Sadikin: Sulit Menjawabnya

- 27 Juni 2021, 21:13 WIB
Jawaban Menkes Budi Gunadi Sadikin soal pertanyaan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.
Jawaban Menkes Budi Gunadi Sadikin soal pertanyaan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. /Tangkap layar Instagram.com/@sekretariat_kabinet

BERITA DIY - Pertanyaan tentang kapan berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia sudah tidak lagi menjadi hal asing. Pandemi yang telah melumpuhkan berbagai lini aktifitas ini memang menjadi momok permasalahan yang belum kunjung usai.

Pemerintah telah melakukan berbagai daya dan upaya untuk menekan angka penyebaran mutasi virus Corona. Namun, seperti diketahui hingga saat ini Covid-19 masih belum bisa untuk dikendalikan.

Pelonjakan angka kasus positif harian pun kian meningkat. Hal ini berdampak pada fasilitas kesehatan yang semakin menipis.

Baca Juga: Daftar Lengkap Rumah Sakit Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tanpa Syarat Domisili se-Indonesia  

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengaku seringkali menerima pertanyaan tentang kapan pandemi Covid-19 di Indonesia akan segera berakhir.

Dilansir BERITA DIY melalui presidenri.go.id, dalam keterangan pers yang disampaikannya secara virtual pada Jumat, 25 Juni 2021, Budi menuturkan bahwa berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia bergantung pada sebaik apa upaya dan kesadaran yang dilakukan oleh diri kita sendiri dalam menghadapi pandemi ini.

“Sulit menjawab dengan pasti kapan pandemi ini akan berakhir karena setelah saya melihat pola pandemi ini, ini semua bergantung kepada kita. Berapa lama pandemi akan terus ada itu bergantung pada kita. Berapa banyak kasusnya akan naik itu tergantung kepada kita. Berapa banyak orang, saudara-saudara kita, dan tenaga kesehatan yang masuk ke rumah sakit itu juga bergantung kepada kita,” ungkapnya.

Penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, dan menghindari kerumuan menjadi hal krusial dalam mencegah dan menekan peluang terpapar virus.

Baca Juga: Daftar Lengkap Rumah Sakit Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tanpa Syarat Domisili se-Indonesia

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x