Positif Covid-19? Ini 8 Panduan Isolasi Mandiri di Rumah: Tetap Gunakan Masker dan Selalu Cek Suhu

- 25 Juni 2021, 17:00 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo menyapa dan berdialog dengan warga yang dinyatakan positif terpapar covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah di Cepu Blora, Kamis (24/6/2021).
Gubernur Ganjar Pranowo menyapa dan berdialog dengan warga yang dinyatakan positif terpapar covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah di Cepu Blora, Kamis (24/6/2021). /Dokumen/Humas Pemprov Jateng

BERITA DIY - Simak panduan atau tata cara isolasi mandiri di rumah saat positif Covid-19. 

Kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini semakin meningkat. Tercatat kasus harian Kamis 24 Juni 2021 mencapai angka 20 ribu. Tingginya kasus membuat beberapa ruang ICU Rumah Sakit penuh.

Penuhnya rumah sakit membuat beberapa orang yang positif tak bisa mendapat perawatan. Jangan khawatir, isolasi bisa dilakukan secara mandiri di rumah apabila gejala yang dirasakan tidak berat atau bahkan tidak bergejala.

Namun, banyak yang ketika mengetahui dirinya positif lalu panik dan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat isolasi di rumah.

Baca Juga: Komedian Pandji Pragiwaksono Positif Covid-19: Mohon Maaf Karena Keteledoran Gue

Spesialis Paru dan Konsultan Intensivist dan Gawat Nafas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta dr Dewiyana Andari Kusmana, SpP (K) mengatakan pasien positif COVID-19 yang tenang akan jauh lebih mudah penyembuhannya dibanding mereka yang gelisah.

"Jangan panik, yang membuat hormon berantakan, lambung iritasi, nadi hipertensi, psikis gelisah. Itu mengacaukan semuanya," ucap dr Dewiyana dikutip dari laman Satgas COVID-19, Rabu 23 Juni 2021.

Makan dan minum yang cukup merupakan salah satu yang disarankan untuk pasien positif corona.

Baca Juga: Waspada! 3 Kabupaten di Yogyakarta Masuk Zona Merah Covid-19, Ini Daftar 20 Daerah Risiko Tinggi Virus Corona

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x