Ivermectin 12 mg Ampuh Jadi Obat Covid-19? Cek Fakta! Diklaim Sebagai Terapi Virus Corona, Kini Dijual Murah

- 22 Juni 2021, 12:37 WIB
Cek fakta Ivermectin 12 mg yang diklaim ampuh jadi obat menyembuhkan dan mencegah Covid-19. Serta, efek samping dan harga Ivermectin.
Cek fakta Ivermectin 12 mg yang diklaim ampuh jadi obat menyembuhkan dan mencegah Covid-19. Serta, efek samping dan harga Ivermectin. /PIXABAY/stevepb

BERITA DIY - Belakangan, di grup-grup chat WhatsApp ramai tersiar pesan berantai yang berisi klaim bahwa obat bernama Ivermectin ampuh sembuhkan Covid-19. Apakah benar?

Ini terkait pelonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Kudus, Jawa Tengah. Dimana virus Corona varian Delta mendominasi penularan di daerah tersebut.

"Utk warga Jkt, skrg Ivermectin 12 mg utk Covid sdh tersedia bebas di Apotik Jkt. Jadi utk warga Jkt, andai ada saudara/teman yg Positif Covid, disarankan utk segera minum Ivermectin 12 mg, produksi PT. Harsen Farma Indonesia," tulis salah satu akun yang menyiarkan pesan tersebut di salah satu grup WA.

Baca Juga: Virus Corona varian Delta: Gejala-gejala Terinfeksi, Apa Alasan Lebih Bahaya, dan Telah Tersebar Di Mana Saja

Lantas, apakah benar dan terbukti klinis Ivermectin dapat menyembuhkan dan mencegah Covid-19?

Disadur dari rilis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 10 Juni 2021, penggunaan Invermectin untuk pengobatan dan pencegahan Covid-19 masih membutuhkan penelitian yang lebih menyakinkan.

Memang, telah ada penelitian mutakhir perihal pemakaian Invermectin untuk pencegahan ataupun pengobatan Covid-19.

Lewat penelitiannya, tim dari Monash University dan University of Melbourne, Australia, menyatakan bahwa Invermectin berpotensi membunuh coronavirus.

Baca Juga: Virus Corona varian Delta: Gejala-gejala Terinfeksi, Apa Alasan Lebih Bahaya, dan Telah Tersebar Di Mana Saja

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x