Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Ingin Hidupkan Pam Swakarsa, Apa itu Pam Swakarsa?

- 21 Januari 2021, 13:17 WIB
Foto Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo.
Foto Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo. /ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc

BERITA DIY - Calon Kapolri Kemjen Listyo Sigit pada Rabu, 20 Januari 2021 telah melaksanakan uji fit and proper test atau uji kepatuhan dan kelayakan di Komisi III DPR RI sebagai salah satu tahapan untuk menjadi Kapolri.

Dalam uji kepatuhan dan kelayakan Kapolri tersebut, Kemjen Listyo Sigit memunculkan gagasan untuk dihidupkannya lagi Pam Swakarsa atau Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Menurut Kemjen Listyo Sigit, Pam Swakarsa dapat diintegrasikan seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju serta fasilitas Polri yang semakin lebih baik sehingga dapat bersinergi bersama Polri.

Baca Juga: Ridwan Kamil Buka Sayembara Jodoh untuk Sahrul Gunawan, Pantun Rayuan Terbaik Akan Dapat Rekomendasi

Baca Juga: Tanggapi Pernyataan Soal Kerumunan HRS, Mahfud MD dan Ridwan Kamil Saling Berbalas Twitter

Apabila Pam Swakarsa dapat diwujudkan dan membangun hubungan yang baik dengan Polri maka akan terwujud keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Menghidupkan kembali Pam Swakarsa bukan suatu hal yang baru, melainkan wacana ini telah muncul pada pemilihan Kapolri-Kapolri sebelumnya seperti pada Idham Aziz.

Meski tujuan dari Pam Swakarsa sangat elok dan dielu-elukan masyarakat, namun wacana Pam Swakarsa sebelumnya menuai banyak kritik mengingat nama Pam Swakarsa merupakan sebutan pada masa Orde Baru.

Selain menyampaikan gagasannya tentang Pam Swakarsa, Kemjen Listyo Sigit juga menyampaikan pernyataannya yang mendapat pujian dari Menko Polhukam, Mahfud MD.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x