Profil Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama Baru yang Pernah Jadi Wakil Bupati Rembang

- 23 Desember 2020, 13:05 WIB
Foto Gus Yaqut Cholil Qoumas yang diangkat sebagai Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju Jokowi.
Foto Gus Yaqut Cholil Qoumas yang diangkat sebagai Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju Jokowi. /Instagram.com/@gusyaqut

BERITA DIY - Jabatan Menteri Agama di kabinet Indonesia Maju Jokowi mulai tanggal 23 Desember 2020 diduduki oleh Yaqut Cholil Qoumas secara resmi menggantikan Fachrul Razi untuk periode 2020 hingga 2024 mendatang.

Perombakan kabinet kerja Jokowi telah dilakukan dan menunjuk Yaqut sebagai Menteri Agama barunya.

Yaqut Cholil Qoumas biasa disapa dengan panggilan Gus Tutut atau Gus Yaqut ini lahir di Rembang pada 4 Januari 1975 silam dan saat ini menginjak usia ke 45 tahun.

Gus Yaqut merupakan putra dari salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB yakni K. H. Muhammad Cholil Bisri PKB dan saudara kandung dari Yahya Cholil Staquf yang dikenal sebagai tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Baca Juga: Profil Sunarso Direktur Utama BRI, Pernah Menjabat Sebagai Direktur Utama Pegadaian Berprestasi

Baca Juga: Profil KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor yang Rendah Hati

Gus Yaqut juga dikenal aktif berpolitik di bawah naungan partai PKB dan pernah menduduki jabatan-jabatan politis di pemerintahan seperti menjadi Wakil Bupati Rembang untuk periode 2005–2010 dan Anggota DPRD Kabupaten Rembang periode 2004–2005.

Riwayat pendidikan Gus Yaqut yakni mengenyam sekolah dasar di SDN Kutoharjo pada tahun 1981–1987, melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang pada 1987–1990 dan berhasil lulus dari SMAN II Rembang  pada tahun 1993.

Pada pendidikan jenjang tinggi Gus Yaqut pernah mengejar gelar sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) jurusan Sosiologi namun tidak sampai diselesaikan.

Baca Juga: Profil Menteri Sosial Juliari Batubara, Politisi PDIP yang Ditangkap KPK karena Dana Bansos Covid-19

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x