Siapa Itu Hamas? Serang Israel hingga Tewaskan 900 Orang untuk Bebaskan Palestina

- 10 Oktober 2023, 08:10 WIB
Militan Hamas Palestina berbaris selama parade militer menandai ulang tahun ke-29 berdirinya gerakan Hamas, di utara Jalur Gaza pada 8 Desember 2016
Militan Hamas Palestina berbaris selama parade militer menandai ulang tahun ke-29 berdirinya gerakan Hamas, di utara Jalur Gaza pada 8 Desember 2016 /Reuters/Suhaib Salem/

BERITA DIY - Siapa itu Hamas yang serang Israel hingga tewaskan 900 orang untuk bebaskan Palestina? Simak penjelasannya.

Perang Hamas vs Israel kembali memanas. Kelompok militan ini melakukan penyerangan terhadap Israel hingga menewaskan sekitar 900 orang.

Dalam serangan multi-front pada Sabtu, 7 Oktober 2023, Hamas melakukan penculikan terhadap 100 orang dan menewaskan lebih dari 700 orang warga Israel.

Jumlah korban tewas terus bertambah, dilansir dari media Israel dalam akun X @Jerusalem_Post menginformasikan lebih dari 900 korban tewas dan 2.600 warga Israel mengalami luka-luka hingga Selasa, 10 Oktober 2023.

Baca Juga: Konflik Israel-Palestina Masih Berlanjut, Terbaru Pihak Hamas Luncurkan Serangan Besar dan Tanggapan Dunia

Lantas, siapa itu Hamas dan apa tujuannya?

Dilansir situs Britannica, Hamas merupakan singkatan dari Ḥarakat al-Muqāwamah al-Islāmiyyah atau dalam bahasa Inggris, Islamic Resistance Movement. Sementara dalam bahasa Indonesia artinya Gerakan Perlawanan Islam.

Sederhanaya, Hamas adalah sebuah gerakan militan Islam dan Nasionalis Palestina yang melakukan perlawanan terhadap Israel.

Dilansir dari cfr.org, Hamas juga merupakan salah satu dari dua partai politik utama di Palestina. 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x