Apa itu Uni Eropa? Berikut Sejarah Berdiri, Tujuan, dan Daftar 27 Negara Anggota

- 1 Maret 2022, 16:50 WIB
Simak sejarah singkat organisasi regional Uni Eropa, dari tanggal diresmikan berdiri, tujuan hingga negara apa saja yang termasuk daftar anggota wadah perkumpulan negara-negara benua biru.
Simak sejarah singkat organisasi regional Uni Eropa, dari tanggal diresmikan berdiri, tujuan hingga negara apa saja yang termasuk daftar anggota wadah perkumpulan negara-negara benua biru. /Unsplash/Christian Lue

BERITA DIY - Berikut sejarah Uni Eropa organisasi regional kawasan benua biru, berikut tujuan dan daftar 27 negara yang menjadi anggota.

Uni Eropa merupakan wadah atau organisasi yang mengikat antar pemerintahan suatu bangsa dan beranggotakan negara-negara kawasan Eropa.

Organisasi regional Uni Eropa tercatat hingga tanggal 31 Januari 2020 memiliki anggota sebanyak 27 negara yang didirikan sejak tahun 1992 melalui Perjanjian Maastricht.

Baca Juga: Daftar Negara Uni Eropa yang Dijadikan Lokasi Pengungsian Warga Ukraina dari Invasi Rusia

Organisasi internasional ini memiliki tujuan untuk menggabungkan kebijakan antar pemerintahan negara terkait yang sudah menjadi anggota dari Uni Eropa.

Kebijakan tersebut dapat dilakukan pada berbagai bidang dalam bentuk keputusan-keputusan yang ditetapkan melalui tahapan musyawarah antar negara anggota.

Tujuan utama dari Uni Eropa salah satunya untuk meningkatkan kemajuan di bidang ekonomi dan sosial seperti pasar bebas, serta penggunaan mata uang tunggal.

Baca Juga: Taiwan Tak Sudi Wilayahnya Diklaim Cina, Uni Eropa Beri Dukungan

Seperti yang sudah diketahui, negara-negara kawasan Eropa memiliki mata uang serupa yakni Euro yang merupakan salah satu tujuan dari organisasi regional ini.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x