Mengenal Kota Donetsk dan Luhansk yang Diduga Jadi Pemicu Perang Rusia vs Ukraina

- 24 Februari 2022, 20:10 WIB
Simak profil Donetsk dan Luhansk, dua kota yang disebut jadi pemicu serangan Rusia atas Ukraina baru-baru ini.
Simak profil Donetsk dan Luhansk, dua kota yang disebut jadi pemicu serangan Rusia atas Ukraina baru-baru ini. /PIXABAY/SatyaPrem

BERITA DIY - Baru-baru ini Presiden Rusia, Vladimir Putin, resmi menyatakan perang terhadap negara tetangganya, Ukraina. Beberapa ledakan kemudian dilaporkan terjadi di pusat kota Ukraina.

Dikutip dari Al Jazeera, pada Kamis, 24 Februari 2022, ada dua wilayah di bagian Ukraina yang menjadi pemicu meningkatnya tensi kedua negara, yakni Donetsk dan Luhansk.

Mulanya, kedua kota tersebut memilih untuk memisahkan diri dari Ukraina. Pasukan militer separatis pun sudah bergerak sejak 2014 silam dan menghancurkan beberapa fasilitas umum.

Baca Juga: Profil Negara Ukraina yang Diserang Rusia: Presiden, Populasi, hingga Penyebab Konflik

Bukan cuma itu, konflik kedua wilayah Ukraina tersebut dengan Kiev sampai-sampai harus menelan korban jiwa sebanyak 14 ribu orang.

Menanggapi hal itu, Putin justru mendukung kemerdekaan wilayah yang sudah berganti nama menjadi Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk itu.

Tak lama setelah pengakuan Rusia, keempat negara lainnya mengikuti jejak Moskow untuk mengakui kedua negara separatis tersebut. Keempatnya yakni Kuba, Venezuela, Nicaragua, dan Suriah.

Baca Juga: Daftar Serangan Rusia pada Invasi Ukraina: Daerah Mana Saja, Beserta Update Kondisi dan Jumlah Korban

Lalu, seperti apa sebenarnya kota Donetsk dan Luhansk? Mengapa kedua wilayah tersebut menjadi rebutan? Simak profil lengkapnya di bawah ini:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x