Apa yang Terjadi di Afghanistan dan Siapa Itu Kelompok Taliban? Berikut penjelasannya

- 18 Agustus 2021, 20:48 WIB
ILUSTRASI bendera Afghanistan: Siapa itu Taliban dan apa tujuannya ke Afghanistan?
ILUSTRASI bendera Afghanistan: Siapa itu Taliban dan apa tujuannya ke Afghanistan? /Pixabay/Chicken Online.

BERITA DIY - Sedang ramai baru-baru ini kejadian yang tengah menimpa Afghanistan dan tentang siapa itu kelompok Taliban. Afghanistan memang saat ini tengah mengalami konflik setelah negara tersebut dikuasai kelompok Taliban pada Minggu, 15 Agustus 2021.

Semakin mencekam terlebih seusai Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dilaporkan melarikan diri ke luar negeri. Lantas siapakah kelompok taliban itu?

Dikutip melalui laman AP News, kelompok Taliban merupakan kelompok bersenjata yang kini telah menyebar ke seluruh ibu kota dan memasuki wilayah istana presiden di Afghanistan.

Baca Juga: Kuasai Afghanistan, Siapa dan Bagaimana Sejarah Taliban? Hingga Menjadi Label Dalih Pecat Pegawai KPK

Taliban sendiri merupakan sebuah organisasi militer yang pernah digulingkan oleh pasukan AS pada tahun 2001. Saat ini kelompok tersebut telah berhasil menguasai lebih dari setengah ibu kota provinsi di Afghanistan.

Di tengah situasi yang kian memburuk, beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Inggris menyatakan rasa keprihatinanya kepada Afghanistan.

Sejarah Taliban

Mullah Mohammad Omar resmi mendirikan Taliban pada 1994, pada aal berdirinya organisasi tersebut Taliban hanya memiliki puluhan pengikut guna menentang kejahatan dan korupsi yang merajalela dan perang saudara. 

 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x