Teror Aksi Protes Bersenjata Saat Pelantikan Presiden, Biden: Saya Tidak Takut!

- 12 Januari 2021, 12:29 WIB
Teror Aksi Protes Bersenjata Saat Pelantikan Presiden, Biden: Saya Tidak Takut!
Teror Aksi Protes Bersenjata Saat Pelantikan Presiden, Biden: Saya Tidak Takut! /Instagram.com/@joebiden

 

BERITA DIY - Biro Investigasi Federal (FBI) telah memberikan peringatan bahwa kemungkinan akan terjadi aksi protes bersenjata di ibu kota negara Amerika Serikat (AS), Washington DC, sebagai upaya menentang pelantikan presiden yang akan dilakukan terhadap Joe Biden pada tanggal 20 Januari 2021 nanti.

FBI juga telah memperingatkan bahwa kemungkinan aksi protes bersenjata yang direncanakan itu tak hanya terjadi di Ibu Kota Washington DC, tetapi juga di 50 ibu kota negara bagaian Amerika Serikat.

Peringatan yang dimotori oleh penyerbuan Capitol Rabu lalu ini berlaku setidaknya sampai hari pelantikan tiba.

Baca Juga: Bintang Emon Kalahkan Artis Korea, Najwa Shihab, dan Joe Biden di Pencarian Google Tahun 2020

Tak cukup hanya memberikan peringatan, dalam rangka melindungi ibu kota AS, Garda Nasional mendapatkan wewenang untuk menghadirkan 15.000 tentara ke Ibu Kota Washington sekaligus melarang turis mengunjungi Monumen Washington hingga 24 Januari 2021 nanti.

Dilansir BeritaDIY.com dari Pikiran-Rakyat.com dalam artikel berjudul "FBI Prediksi Akan Adanya Penyerangan Saat Pelantikan, Joe Biden: Saya Tidak Takut" dari Reuters, Kepala Biro Pengawal Nasional Jenderal Daniel Hokanson mengatakan kepada wartawan ia berharap ada sekitar 10.000 tentara yang memeberikan keamanan, logistik, dan komunikasi di Washington DC pada hari Sabtu.

Ia juga mengatakan jumlah yang dibutuhkan bisa saja meningkat menjadi 15.000 personel jika  otoritas lokal memintanya.

Baca Juga: Donald Trump Kalah Pilpres AS, Cina Justru Tunda Kirim Selamat kepada Joe Biden: Ini Alasannya

Senator Chris Murphy, yang mengatakan pada Senin 11 Januari 2021, ia mengirim surat kepada penjabat menteri pertahanan mengenai jumlah Garda Nasional akan cukup untuk melindungi ibu kota negara dan kemungkinan pasukan tugas aktif  juga diperlukan .

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: REUTERS Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x