Profil dan Perjalanan Karier Diego Maradona, 'Si Tangan Tuhan' Legenda Sepak Bola Argentina

- 26 November 2020, 10:38 WIB
Profil Diego Maradona
Profil Diego Maradona /tangkap layar instagram.com/ @maradona

BERITA DIY - Diego Armando Maradona atau yang kita kenal dengan Maradona adalah seorang legenda sepak Argentina. Ia lahir di Lanus, Provincia de Buenos Aires Argentina pada tanggal 30 Oktober 1960. Pria berkebangsaan Argentina ini dikenal setelah mencetak gol Tangan Tuhan dalam perempat final World Cup 1986 melawan Inggris.

Pria yang memiiliki tinggi 165 cm ini mengawali kariernya di klub Argentinos Junior pada tahun 1976 selama lima tahun hingga tahun 1981. Ia sempat bergabung di klub Boca Juniors pada tahun 1981 selama satu tahun dan bergabung di klub Barcelona selama dua tahun hingga tahun 1984.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Rp1,2 Juta Sudah Ditransfer Lagi ke Karyawan, Cek Penerima di Link Ini

Puncak karier Maradona dimulai saat ia bergabung bersama Napoli mulai tahun 1984. Pada tahun 1992 Maradona bermain bersama club Sevilla, dilanjutkan dengan Newell’s Old School dan akhirnya kembali ke Boca Junior hingga tahun 1997.

Namun karier Maradona ini juga sempat terhenti setelah terbukti menggunakan dopping pada tahun 1991 dan 1994. Ia memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola dan melanjutkan karier sebagai pelatih pada tanggal 30 Oktober 1997.

Selepas kariernya yang gemilang, Maradona mendedikasikan diri sebagai pelatih beberapa club seperti Mandiyu de Corrientes, Racing Club, Al Wasl dan Fujairah. Ia juga sempat pelatih Timnas Argentina, setelah sebelumnya juga menjadi kapten tim. Bersama Timnas Argentina ia berhasil menjuarai piala Dunia FIFA tahun 1986, Runner up Piala Dunia FIFA tahun 1990 dan FIFA World Youth Championship pada tahun 1979.

Baca Juga: Hore! Pemerintah Beri Bantuan APB Rp 1 Juta Per Orang, Cek NIK KTP di apb.kemdikbud.go.id

Maradona berhasil memecahkan banyak sekali rekor seperti rekor transfer pemain termahal di dunia, pencetak gol termuda di berbagai pertandingaan, top skor sepanjang masa Timnas Argentina dan Napoli.

Selain itu, Maradona juga meraih beberapa pengargaan diantaranya pemain terbaik abad 20 versi VIVA  pada tahun 1999, Gol terbaik abad 20 versi FIFA tahun 2002 dan Italian Football Hall of Fame pada tahun 2014.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x