Cara Daftar BLT Banpres UMKM agar Dapat SMS BPUM BRI dan NIK KTP Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum

- 13 November 2020, 06:41 WIB
Ilustrasi pendaftaran Bantuan BLT Banpres UMKM atau BPUM. Cek penerima di eforom.bri.co.id/bpum
Ilustrasi pendaftaran Bantuan BLT Banpres UMKM atau BPUM. Cek penerima di eforom.bri.co.id/bpum // Yoga Aditya/Aksara Jabar

BERITA DIY - Pelaku UMKM yang ingin dapat bantuan BLT Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) tahap 2 kemudian menerima SMS dari BRI INFO dan nomor eKTP (NIK KTP) terdaftar di link formulir online (eform.bri.co.id/bpum) masih bisa daftar hingga akhir bulan November 2020 ini.

Pendaftaran masih bisa dilakukan selama kuota masih mencukupi. Sebagaimana diketahui, sebelumnya bantuan ini hanya menyasar 9 juta pelaku UMKM namun kemudian ditambah 3 juta penerima lagi.

Pencairan bantuan di tahap 1 sudah mulai dilakukan sejak bulan Oktober lalu sedangkan penyaluran di tahap 2 rencananya hingga akhir bulan Desember 2020 ini.

Bantuan sebesar Rp2,4 juta ini diberikan secara gratis oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM, bukan dana pinjaman, dan tidak ada potongan biaya apapun ketika pencairan.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 Sudah Ditransfer, Cek Nama Karyawan di Link Ini

Baca Juga: Cek Bansos BST di dtks.kemensos.go.id Pakai KTP, Ini Syarat Dapat Bantuan Rp 500 Ribu Per KK Non PKH

Menurut Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachma, beberapa daerah akan digenjot penyerapannya agar bisa disalurkan lebih banyak.

Beberapa daerah dengan seapan rendah yang kemudian akan diprioritaskan mendapatkan bantuan ini ada di luar Pulau Jawa seperti Maluku, Kalimantan, hingga NTT.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar program bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro atau BPUM dilanjutkan pada 2021 mendatang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Kemenkop UKM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x