Kemenkop dan UKM Segera Cairkan BPUM 2022 Rp600 Ribu, Ini Cara Usul Daftar Jadi Penerima BLT UMKM

- 21 September 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi - Kemenkop dan UKM segera cairkan BPUM 2022 Rp600 ribu, cara usul daftar jadi penerima BLT UMKM, pelaku usaha wajib penuhi 6 syarat.
Ilustrasi - Kemenkop dan UKM segera cairkan BPUM 2022 Rp600 ribu, cara usul daftar jadi penerima BLT UMKM, pelaku usaha wajib penuhi 6 syarat. /UNSPLASH/Devi Puspita Amartha Yahya

BERITA DIY - Informasi Kemenkop dan UKM segera cairkan BPUM 2022 Rp600 ribu, cara usul daftar jadi penerima BLT UMKM, pelaku usaha wajib penuhi 6 syarat.

Pendataan calon penerima BPUM tahun ini sudha dibuka dan masih berlangsung. Pelaku UMKM bisa usulkan dirinya agar dapat BLT UMKM.

Kemenkop dan UKM siapkan pencairan BPUM 2022 dengan nominal bantuan Rp600 ribu. Anda bisa daftar sebagai calon penerima dengan cara yang akan dijelaskan diakhir artikel.

Sebelum mendaftar pastikan Anda telah memenuhi persyarat agar layak menjadi target BPUM. Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) hanya diberikan kepada mereka yang layak.

Baca Juga: Cek Banpres BPUM 2022 di Mana? Ini 6 Ciri Pelaku UMKM Dapat Tambahan Modal Rp600 Ribu dari Kemenkop dan UKM

Penyaluran BPUM tahap 1 telah dilakukan di tahun 2020. Pencairan di tahap 1 disalurkan dana tambahan modal sebesar Rp2,4 juta untuk tiap penerima.

Kemudian dana tambahan modal yang turun di pencairan BPUM tahap 2 atau tahun 2021 turun, menjadi Rp1,2 juta saja. Tahun ini dikabarkan jumlahnya turun lagi jadi Rp600 ribu.

Kemenkop dan UKM sudah mengusulkan anggaran dana BPUM 2022 kepada Kemenkeu, dengan jumlah anggran sekitar Rp7,68 triliun. Saat ini Kemenkop dan UKM sedang menunggu anggaran tersebut turun.

Sembari menunggu, Kemenkop dan UKM juga melakukan pendataan calon penerima BLT UMKM tahun ini. Pendataan dilakukan dengan bantuan Dinas atau Badan yang membidangi Koperasi dan UKM di tingkat Kabupaten atau Kota.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x