Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,44 Persen, Pemerintah Diminta Kendalikan Inflasi dan Stabilkan Harga Pangan

- 6 Agustus 2022, 13:30 WIB
Ekonomi Indonesia tumbuh 5,44 persen, pemerintah tetap mengendalikan inflasi dan menstabilkan harga pangan agar konsumsi rakyat naik.
Ekonomi Indonesia tumbuh 5,44 persen, pemerintah tetap mengendalikan inflasi dan menstabilkan harga pangan agar konsumsi rakyat naik. /Ekon.go.id

BERITA DIY - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun 2022 ini tumbuh 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan diprediksi akan naik kembali pada kuartal selanjutnya.

Ini adalah capaian yang bagus dalam menjaga kestabilan perekonomian tanah air pasca dilanda pandemi covid-19 dua tahun sebelumnya.

Meskipun demikian, pemerintah tetap diminta untuk mengendalikan inflasi dan menstabilkan harga pangan untuk menggenjot daya beli masyarakat.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya konsumsi masyarakat.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengungkap pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di kuartal II tersebut lebih disebabkan oleh konsumsi masyarakat. Pada kuartal II, ada beberapa momen yang memicu naiknya konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Indeks Bisnis UMKM BRI di Kuartal II 2022 Terpantau Meningkat, Harapan Ekonomi Indonesia Membaik

"Kalau kita lihat sebenarnya yang naik cukup tinggi adalah konsumsi masyarakat. Ini naik sekitar 5,51 persen. Jadi yang kuartal dua ini sangat tertolong dengan konsumsi masyarakat. Ada momen Ramadan, Idulfitri, serta persiapan ajaran baru. Makanya kalau kita lihat pertumbuhan konsumsi masyarakat itu naik tajam sekali," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, konsumsi masyarakat menyumbang 50% dalam PDB. Hal itu menjadi faktor utama pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,44% pada kuartal II.

Meski demikian, Huda memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III tidak akan seimpresif kuartal II. Hal itu disebabkan tidak ada momen yang mendorong konsumsi masyarakat.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x