Ekonomi Indonesia Aman Ditopang Konsumsi Dalam Negeri yang Kuat Namun Tetap Waspadai Inflasi

- 1 Agustus 2022, 20:00 WIB
Ekonomi Indonesia masih aman ditopang konsumsi dalam negeri yang kuat namun harus tetap mewaspadi inflasi.
Ekonomi Indonesia masih aman ditopang konsumsi dalam negeri yang kuat namun harus tetap mewaspadi inflasi. /Pixabay/geralt

BERITA DIY - Sejumlah ahli menyatakan bahwa perekonomian Indonesia masih aman lantaran ditopang konsumsi dalam negeri yang kuat.

Meskipun demikian, Indonesia tetap harus mewaspadai inflasi yang menyebabkan harga sejumlah kebutuhan pokok semakin meningkat dan mata uang rupiah melemah.

Meskipun pandemi covid-19 sudah reda, perekonomian Indonesia masih dipengaruhi oleh ekonomi global akibat perang Rusia-Ukraina dan perlambatan ekonomi di Amerika dn China.

"AS, China, Eropa adalah negara-negara tujuan ekspor Indonesia. Jadi, kalau mereka melemah, permintaan ekspor turun dan harga komoditas turun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Berdasarkan data BPS, nilai ekspor Indonesia Januari–Juni 2022 mencapai US$141,07 miliar atau naik 37,11 persen dibanding periode yang sama tahun 2021. Sementara ekspor nonmigas mencapai US$133,31 miliar atau naik 37,33 persen.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Dipuji karena Pilih Tampilkan Hasil Kerja daripada Konten Receh di Sosmed

Namun menurut Ekonom Bank Mandiri, Faisal Rachman, perekonomian Indonesia masih ditopang konsumsi dalam negeri yang kuat.

“Indonesia ekonominya cenderung tidak terlalu open. Sekitar 50% lebih ekonomi indonesia ditopang konsumsi dalam negeri. Jadi dampaknya harusnya tidak signifikan ya. Di tambah permintaan batu bara tetap kuat ya walau china melambat. Karena permintaan eropa naik di tengah penurunan impor energi dari Rusia,” Kata pria yang akrab disapa Oce ini.

Hal lain yang dikhawatirkan adalah laju inflasi dalam negeri. BPS melaporkan laju inflasi domestik bulan lalu adalah 0,64% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Lebih tinggi dibandingkan Juni 2022 yang sebesar 0,61%.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x