Harga TBS Sawit Hari Ini per Kilogram di 3 Provinsi dan 146 Kabupaten Kota di Indonesia Masih Turun

- 14 Juni 2022, 11:02 WIB
Ilustrasi harga TBS kelapa sawit hari ini per kilogram di 3 Provinsi.
Ilustrasi harga TBS kelapa sawit hari ini per kilogram di 3 Provinsi. /PIXABAY/tristantan

BERITA DIY - Simak harga TBS kelapa sawit hari ini, Selasa, 14 Juni 2022 per kilogram di tiga Provinsi dan 146 Kabupaten Kota Indonesia yang terpantau masih turun.

Sejumlah Kota dan Kabupaten hingga tingkat Provinsi masih mengalami harga TBS sawit per kilogram yang turun lantaran beberapa faktor.

Berdasarkan pantauan, anjloknya harga TBS per kilogram masih terjadi di tiga Provinsi yang akan disebutkan di sini beserta penurunan juga terlihat pada harga rata-rata di 146 Kabupaten/Kota di 22 Provinsi.

Adapun alasan mengapa harga TBS masih turun karena terkait kebijakan larangan ekspor CPO dan minyak goreng beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Harga TBS Sawit Hari Ini per Kilogram di Jambi dan Riau Beserta Rata-rata di 22 Provinsi Masih Anjlok

Meski Pemerintah telah mencabut larangan ekspor CPO, harga TBS di sejumlah wilayah belum tinggi seperti sebelum larangan ekspor diberlakukan.

Dari pantauan Apkasindo, rata-rata harga TBS di 146 Kabupaten/Kota di 22 Provinsi mencapai Rp1.900 per kilogram untuk petani swadaya dan Rp2.240 per kilogram untuk petani yang telah menjadi mitra.

"Rata-rata harga kini tinggal Rp1.900 per kilogram untuk petani swadaya (non mitra) dan Rp2.240 per kilogram untuk petani bermitra," kata Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat Manurung di Jakarta, dikutip dari ANTARA NEWS.

Dia menilai kebijakan Pemerintah kurang konsisten, seperti tentang DMO (domestic market obligation) dan DPO (domestic price obligation) yang gagal menjadi solusi.

Baca Juga: Apa Itu TBS Kelapa Sawit? Daftar Harga Sawit Hari Ini per Juni 2022 di Kalteng dan Bangka Belitung

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x