Apa Itu TBS Kelapa Sawit? Daftar Harga Sawit Hari Ini per Juni 2022 di Kalteng dan Bangka Belitung

- 13 Juni 2022, 16:40 WIB
Daftar harga TBS Sawit hari ini per Juni 2022 di Kalimantan Tengah dan Bangka Belitung.
Daftar harga TBS Sawit hari ini per Juni 2022 di Kalimantan Tengah dan Bangka Belitung. / PIXABAY.com/@tristantan

 

BERITA DIY - Berikut apa itu TBS kelapa sawit dan warna yang matang lengkap harga sawit hari ini per Juni 2022 di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Bangka Belitung (Babel).

Salah satu hal penting dalam industri minyak kelapa sawit yaitu ketersediaan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

TBS  merupakan sebutan lain dari buah kelapa sawit. Pada umumnya TBS Kelapa sawit dipanen saat buah mulai membrondol dari tandan. Untuk memanen TBS membutuhkan dodos atau pisau yang memiliki tiang panjang.

Baca Juga: Daftar Harga TBS Sawit Hari Ini Masih Anjlok dan Penyebabnya Cek di Sini, Riau Tagetkan Harga Rp 3 Ribu per Kg

Terdapat beberapa cara untuk mengidentifikasi TBS yang siap panen, diantaranya melalui warna buah dan jumlah buah membrondol di sekitar pokok pohon.

Kemudian, kualitas TBS Kelapa Sawit akan menjadi menurun ketika buah membrondol lebih cepat, sehingga membuat buah dipanen sebelum mencapai umur optimum.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) memberikan pendanaan untuk menangani masalah tersebut. Diadakannya sebuah penelitian di Universitas Andalas untuk mendesain alat yang mampu menentukan umur panen optimun TBS kelapa sawit.

Baca Juga: Harga TBS Sawit Hari Ini per Kilogram di Jambi dan Riau Beserta Rata-rata di 22 Provinsi Masih Anjlok

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x