Harga BBM Pertamina Hari Ini: Cek Pertamax hingga Rp13.000 dan Pertalite Rata Rp7.650 di 34 Provinsi

- 2 April 2022, 09:56 WIB
Ilustrasi - Cek harga BBM hari ini meliputi harga Pertamax dan Pertalite di 34 Provinsi di Indonesia.
Ilustrasi - Cek harga BBM hari ini meliputi harga Pertamax dan Pertalite di 34 Provinsi di Indonesia. /Humas Pertamina

BERITA DIY - Simak harga BBM Pertamina hari ini, Sabtu, 2 April 2022 berikut harga Pertamax dan Pertalite di 34 Provinsi di Indonesia.

Pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM Pertamax per tanggal 1 April 2022 pukul 00:00 waktu setempat. Kendati demikian Pertamina memukul harga rata terhadap bahan bakar minyak jenis Pertalite di 34 Provinsi di Indonesia.

Adapun harga Pertamax naik yang sedianya Rp9.000 menjadi Rp12.500 per liter. Namun nilai paling tinggi terjadi di Provinsi Bengkulu dan Kepulauan Riau yang mencapai Rp13.000. Sementara itu, harga Pertalite di seluruh wilayah sama, yakni Rp7.650 per liter.

Baca Juga: Harga Emas dan Perhiasan Semar Nusantara Hari Ini, Sabtu, 2 April 2022: Ada Cincin Bola Gliter Mewah

Alasan Pertamina menaikkan harga BBM nonsubsidi tersebut karena meroketnya harga minyak dunia, yaitu di atas 100 dolar AS per barel.

Meskipun begitu, kenaikan harga Pertamax per bulan April menjadi Rp12.500 tersebut masih jauh di bawah nilai keekonomian yang sebelumnya diprediksi mencapai Rp16.000 per liter.

Sejumlah pengamat melihat kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga Pertamax sudah tepat untuk mengurangi beban Pertamina menyusul melonjaknya harga minyak dunia.

Baca Juga: Harga Pertamax Pertamina Naik! Ini Perbedaan Harga BBM di SPBU Shell Indonesia, VIVO dan BP AKR

Fahmi Radhi, Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah mada menilai harga Pertamax naik memungkinkan terjadinya inflasi namun tak berdampak besar.

Selain itu, sebagian besar konsumen Pertamax berasal dari kalangan orang menengah atas yang menggunakan mobil mewah.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x