Apa Dampak Fenomena Equinox bagi Indonesia yang Terjadi Hari Ini 21 Maret 2024, Apakah Berbahaya?

- 21 Maret 2024, 10:16 WIB
Ilustrasi- Apa dampak fenomena Equinox bagi Indonesia yang terjadi hari ini 21 Maret 2024.
Ilustrasi- Apa dampak fenomena Equinox bagi Indonesia yang terjadi hari ini 21 Maret 2024. /Pixabay.com/@Wikilmages

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai apa dampak fenomena Equinox bagi Indonesia yang terjadi hari ini 21 Maret 2024, apakah berbahaya bagi manusia? Cek di sini.

Equinox, fenomena alam di mana Matahari tepat bersinar di garis khatulistiwa, akan terjadi pada hari ini, Kamis, 20 Maret 2024.

Fenomena Equinox terjadi dua kali setiap tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Menurut BRIN, Equinox September diperkirakan akan terjadi pada tanggal 22 September 2024.

Namun, apa dampak dari fenomena Equinox terhadap Indonesia, dan apakah hal itu berbahaya? Temukan jawabannya secara lengkap di artikel ini.

Baca Juga: 21 Maret 2024 Ada Apa? Ini Pengertian Fenomena Equinox yang Melanda Beberapa Wilayah di Indonesia, Apa Bahaya?

Lalu, apa itu fenomena Equinox?

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Equinox adalah salah satu peristiwa astronomi di mana Matahari melintasi garis khatulistiwa.

Saat Equinox terjadi, Matahari berada dalam jarak terdekat dengan Bumi, yang berdampak terutama pada wilayah tropis di sekitar garis ekuator.

Menurut penjelasan BMKG di blog resminya, Equinox tidak selalu menyebabkan lonjakan suhu udara yang signifikan atau ekstrem.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x