21 Maret 2024 Ada Apa? Ini Pengertian Fenomena Equinox yang Melanda Beberapa Wilayah di Indonesia, Apa Bahaya?

- 20 Maret 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi 21 Maret 2024 ada apa? Ini pengertian fenomena Equinox yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, apakah berbahaya?
Ilustrasi 21 Maret 2024 ada apa? Ini pengertian fenomena Equinox yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, apakah berbahaya? /Pixabay/Pixabay

BERITA DIY - Berikut ini merupakan informasi mengenai pengertian dari fenomena Equinox yang melanda beberapa wilayah di Indonesia pada 21 Maret 2024.

Peristiwa Equinox merupakan fenomena yang tidak berbahaya, karena merupakan suatu fenomena yang terjadi secara periodik.

Namun, Equinox akan berdampak di waktu belahan bumi utara dan selatan pada siang dan juga malam hari dan memiliki jumlah yang sama.

Mengutip laman resmi BMKG, bmkg.go.id, Equinox menjadi peristiwa alam tahunan yang terjadi secara rutin sebanyak dua kali.

Baca Juga: Apa Itu Fenomena Equinox yang akan Terjadi pada 21 Maret 2024, Apakah Berbahaya, dan Dampaknya

Peristiwa tersebut biasa terjadi sekitar bulan Maret atau disebut sebagai Ekuinoks musim semi kemudian yang kedua sekitar September atau disebut Ekuinoks musim gugur di wilayah belahan Bumi utara.

"Equinox adalah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September," kata Drs. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc., Deputi Bidang Meteorologi BMKG, 25 Maret 2019, dikutip dari bmkg.go.id.

Walaupun fenomena Equinox tidak berbahaya, namun satelit yang dibanjiri radiasi matahari secara langsung dapat mengganggu transmisi sinyal satelit.

Baca Juga: Apa itu Fenomena Equinox yang Melanda Beberapa Wilayah Indonesia? Peristiwa Anual di Daerah Khatulistiwa

Peristiwa Equinox di Bumi akan membuat intensitas sinar matahari menjadi lebih besar ketika tengah hari dan suhu akan sedikit meningkat. Terlebih di wilayah garis khatulistiwa.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x