Apa itu Fenomena Equinox yang Melanda Beberapa Wilayah Indonesia? Peristiwa Anual di Daerah Khatulistiwa

- 24 September 2021, 21:03 WIB
ILUSTRASI - Penjelasan tentang fenomena Equinox yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.
ILUSTRASI - Penjelasan tentang fenomena Equinox yang melanda beberapa wilayah di Indonesia. /Pixabay/qimono

BERITA DIY - Fenomena Equinox di Indonesia telah terjadi sehari lalu tepatnya pada, Kamis, 23 September 2021. Peristiwa alam ini rutin terjadi dua kali setiap tahunnya. Di tahun 2021 ini telah terjadi pada 21 Maret dan 23 September 2021.

Peristiwa Equinox itu apa sih? Melansir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di edukasi.sains.lapan.go.id, Equinox atau Ekuinoks merupakan peristiwa ketika posisi matahari tepat berada di garis ekuator atau di posisi zero latitude (garis lintang 0º)

Equinox menjadi peristiwa alam tahunan yang rutin terjadi dua kali. Biasanya terjadi sekitar bulan Maret atau disebut sebagai Ekuinoks musim semi kemudian yang kedua sekitar September atau disebut Ekuinoks musim gugur di wilayah belahan Bumi utara.

Baca Juga: Apa Itu Kiamat Internet? Diperingatkan oleh Peneliti Sebagai Akibat Fenomena Alam Badai Matahari

Peristiwa Equinox di Bumi hanya membuat intensitas sinar Matahari jadi lebih besar ketika tengah hari dan suhu akan sedikit meningkat. Terlebih di wilayah garis khatulistiwa.

Saat terjadi Equinox ini, durasi antara waktu siang dan malam hampir terbagi sama rata, yakin 12 jam di seluruh dunia.

Koordinat wilayah Indonesia yang terletak di 90º hingga 141ºbujur timur dan 64º lintang utara hingga 11º lintang selatan, membuatnya dilewati garis ekuator atau disebut sebagai garis khatulistiwa.

Dengan begitu ada beberapa wilayah yang mengalami atau bisa merasakan fenomena Equinox karena letaknya yang dilewati garis ekuator.

Wilayah tersebut adalah Kota Bonjol (Sumatera Barat), Kepulauan Batu (Sumatera Utara), Kota Pontianak (Kalimantan Barat), Kalimantan Tenah, Kalimantan Timur, Sulawesi, Pulau Halmahera (Maluku Utara) dan Pulai Waigeo (Papua Barat).

Baca Juga: Apa Itu Hari Tanpa Bayangan Matahari? Fenomena Alam yang Akan Segera Terjadi di Indonesia, Ini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: LAPAN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x