Apa Itu Aksi Kamisan, Tujuannya Apa, di Mana, Apakah Masih Ada, Tahun 2024 Merupakan Aksi ke Berapa?

- 18 Januari 2024, 11:10 WIB
Ilustrasi - Apa itu Aksi Kamisan, tujuan mereka apa, apakah sekarang masih ada, tahun 2024 merupakan aksi ke berapa dilakukan di mana ini penjelasannya.
Ilustrasi - Apa itu Aksi Kamisan, tujuan mereka apa, apakah sekarang masih ada, tahun 2024 merupakan aksi ke berapa dilakukan di mana ini penjelasannya. /tangkap layar Instagram @aksikamisan

BERITA DIY - Sejumlah kelompok masyarakat baru saja menggelar Aksi Kamisan di tahun 2024 sebagaimana dikabarkan di laman ANTARA pada Kamis, 4 Januari 2024.

Aksi Kamisan ini dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK). Lalu Aksi Kamisan pada tanggal 4 Januari 2024 adalah aksi ke berapa?

Sebagian orang mungkin belum tahu mengenai apa itu Aksi Kamisan, apa tujuan aksi tersebut, apakah sekarang masih ada dan biasanya dilakukan di mana.

Jika melihat kabar dari ANTARA dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut hingga saat ini masih ada. Aksi pada Kamis, 4 Januari 2024 merupakan aksi ke-800.

Baca Juga: Hari Lahir Tritura Kapan, Tanggal Berapa, Apa Isi Tritura dan Siapa Saja Tokoh yang Terlibat dalam Aksi Ini?

Kegiatan tersebut dilakukan di seberang Istana Merdeka. Orang-orang yang hadir memiliki tujuan untuk meminta Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM.

Dalam aksi Kamisan tahun ini, masyarakat ingin Jokowi menindaklanjuti kasus pelanggaran HAM berat dengan adil dan agar memerintahkan Komnas HAM untuk melanjutkan penyelidikan.

Penuntut juga berharap agar Komnas HAM bisa segera memenuhi hak-hak dari para korban pelanggaran HAM beserta keluarga korban. Kasus pelanggaran ini sering kali dikesampingkan.

Aksi Kamisan merupakan suatu aksi yang digelar pada hari Kamis bertempat di depan Istana Negara. Biasanya orang-orang yang ikut serta merupakan korban pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x