Hari Apa Saja Puasa Rajab 2024, Kapan Dimulai, Tanggal Berapa? Ini Bacaan Niat Bahasa Arab Latin dan Artinya

- 13 Januari 2024, 15:48 WIB
Ilustrasi - Hari apa saja puasa Rajab 2024, kapan dimulai tanggal berapa, ini bacaan niat puasa Rajab dalam Bahasa Arab Latin dan artinya jangan terlewat.
Ilustrasi - Hari apa saja puasa Rajab 2024, kapan dimulai tanggal berapa, ini bacaan niat puasa Rajab dalam Bahasa Arab Latin dan artinya jangan terlewat. /freepik/

BERITA DIY - Umat Islam di Indonesia sudah memasuki bulan Rajab 2024 M atau 1445 H. Pada bulan mulia ini ada banyak amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Anda bisa memperbanyak amal sholeh dengan memperbanyak puasa hingga dzikir. Salah satu amalan yang bisa Anda lakukan yani berpuasa.

Lalu kapan puasa Rajab 2024 dimulai, hari apa saja tanggal berapa? Catat tanggalnya agar Anda tidak kehilangan kesempatan mendapat pahala yang berlimpah.

Teks bacaan niat puasa dalam Bahasa Arab, Latin, dan artinya tersedia di sini/ Amalan ini cocok jadi penambah pahala sebab akan mendapat ganjaran yang berlipat ganda.

Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriyah. Rajab 1445 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 13 Januari 2024. Lalu kapan puasa sunnah bisa dimulai?

Baca Juga: Doa Malam 1 Rajab Bahasa Arab dan Latin, serta Artinya Bahasa Indonesia

Sebenarnya tidak ada anjuran kekhususan puasa di bulan Rajab, namun karena bulan ketujuh ini merupakan bagian dalam bulan haram atau asyhurul hurum, maka sangat dianjurkan untuk berpuasa tiga hari di bulan haram.

Dalam kalender Hijriyah, ada bulan yang masuk dalam asyhurul hurum yakni Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab. Keempat bulan ini termasuk bulan yang mulia.

Pada 4 bulan haram, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa selama 3 hari, yang biasa dikenal dengan sebutan ayyamul bidh. Waktu pelaksanaan puasa yakni pada tanggal 13, 14, dan 15.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub